PENGARUH MEDIA GAMBAR BERVARIASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 37 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2016/2017

WANDHANI, NI KETUT RETHY (2017) PENGARUH MEDIA GAMBAR BERVARIASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 37 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NI KETUT RETHY WANDHANI SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh banyak guru yang belum terampil menyajikan materi IPA itu sendiri, sehingga mata pelajaran IPA merupakan mata pelajaran yang selama ini dianggap sulit oleh sebagian besar peserta didik, mulai dari jenjang Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah. Tujuan penelitian ini, adalah untuk mengetahui pengaruh media gambar bervariasi terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 37 Cakranegara Tahun Ajaran 2016/2017. Penggunaan media gambar bervariasi yang dimaksud, adalah pembelajaran menggunakan media yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir. Penerapan variasi pada gambar, merupakan faktor yang penting dalam penunjang keberhasilan sebuah pembelajaran. Penerapan variasi pada media gambar juga dapat mengurangi rasa kebosanan dan kejenuhan siswa dalam mengikuti semua pelajaran pada umumnya, sehingga pada akhirnya akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan, adalah penelitian eksperimen jenis Quasi Eksperimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, adalah tes hasil belajar. Subjek penelitian berjumlah 61 siswa yang diperoleh dengan menggunakan metode Porposive sampling. Untuk melihat pengaruh media gambar bervariasi terhadap hasil belajar IPA, maka pengujian hipotesis dilakukan dengan uji statistic parametric. Uji statistik parametrik yang digunakan, adalah uji-t dengan menggunakan rumus t-polled varians. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung ttabel, yaitu 6,635 2,000 pada taraf signifikan 5 % dengan derajat kebebasan (dk) = n1 + n2 – 2 = 31+ 32 – 2 = 61. Sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis, yaitu thitung ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara media gambar bervariasi terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 37 Cakranegara Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Gambar Bervariasi, Hasil Belajar IPA.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 30 Aug 2017 06:29
Last Modified: 30 Aug 2017 06:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/529

Actions (login required)

View Item View Item