Studi Komparasi Prestasi Belajar Kimia Materi Pokok Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Posing dan Number Heads Together Kelas XI Semester 2 SMA Negeri 1 Labuapi Tahun Pelajaran 2010/2011

SETIANINGSIH, ANIK (2012) Studi Komparasi Prestasi Belajar Kimia Materi Pokok Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Posing dan Number Heads Together Kelas XI Semester 2 SMA Negeri 1 Labuapi Tahun Pelajaran 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Bab 1-Bab 6.doc
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan prestasi belajar kimia pada materi pokok reaksi kelarutan dan hasil kali kelarutan menggunakan model pembelajaran Problem Posing dan Number Head Together Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Labuapi Tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan sampel sebanyak dua kelas yang diperoleh dengan teknik sampling jenuh, yakni kelas XI IPA 1 sebagai kelas penerapan model Pembelajaran Problem Posing dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas penerapan model Pembelajaran Number Head Together. Data berupa prestasi belajar siswa diperoleh melalui tes (pilihan ganda). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t (uji beda). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh harga thitung (2,408) lebih besar daripada ttabel (2,052) pada taraf signifikan 5%. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar kimia antara siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Posing dengan siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Number Head Together . Berdasarkan perbandingan hasil belajar siswa pada kedua kelas yaitu pada kelas dengan penerapan model Problem Posing diperoleh nilai rata-rata dan ketuntasan klasikal secara berturut-turut sebesar 68,04 dan 75% dimana rentang nilai yang diperoleh adalah 36,84–84,21. Pada kelas dengan penerapan model Number Head Together diperoleh nilai rata-rata kelas 58,08 dan ketuntasan klasikal sebesar 39,28% dengan rentang nilai yang diperoleh adalah 31,58–94,74, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Posing lebih baik daripada model pembelajaran Number Head Together jika diterapkan dalam pembelajaran kimia materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Prestasi Belajar, Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan, Problem Posing, Number Head Together.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Jul 2018 02:55
Last Modified: 09 Jul 2018 02:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5297

Actions (login required)

View Item View Item