PERGESERAN MAKNA KOLOKASI DALAM TEKS IKLAN DI TELEVISI INDONESIA

Hafizin, - (2016) PERGESERAN MAKNA KOLOKASI DALAM TEKS IKLAN DI TELEVISI INDONESIA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text (Bahasa Indonesia)
HAFIZIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah wujud pergeseran makna kolokasi dalam teks iklan di televisi Indonesia, (2) bagaimanakah pergeseran makna kolokasi dalam teks iklan di televisi Indonesia. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa teks iklan di televisi Nasional (RCTI, SCTV, GLOBAL TV, MNC TV, TRANS TV dan TRANS 7). Dalam penelitian ditemukan sebanyak 26 data dalam wujud frase dan klausa. Data diperoleh dengan menggunakan metode simak, teknik catat dan metode dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data disajikan dalam bentuk informal. Hasil penelitian ini menunjukkan wujud pergeseran makna kolokasi dalam teks iklan di televisi Indonesia berupa bentuk frase yang memiliki tipe nomina berpola (N+N), tipe nomina berpola (N+V), tipe nomina berpola (N+A) dan tipe verba berpola (V+N). Bentuk klausa yang ditemukan memiliki pola (S-P), (P-S), (S-P-O), (P-O) dan (S-P-K). Adapun pergeseran makna kolokasi dalam teks iklan di televisi Indonesia ditemukan dalam bentuk frase dan klausa masing-masing kata yang disandingkan tidak memiliki hubungan berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sehingga mengalami pergeseran makna kolokasi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): wujud, pergeseran makna kolokasi, dan teks iklan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ahmadi S.Si
Date Deposited: 30 Aug 2017 06:29
Last Modified: 30 Aug 2017 06:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/530

Actions (login required)

View Item View Item