PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN CATATAN TERBIMBING (GUIDED NOTE TAKING) TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA MATERI POKOK HIDROKARBON PADA SISWA KELAS X SEMESTER 2 SMAN 3 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2010/2011

RAEHANAH, RAEHANAH (2011) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN CATATAN TERBIMBING (GUIDED NOTE TAKING) TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA MATERI POKOK HIDROKARBON PADA SISWA KELAS X SEMESTER 2 SMAN 3 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB 1 s.d BAB VI.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran catatan terbimbing (guided note taking) terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas X semester 2 SMAN 3 Mataram tahun pelajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian posttes only non-eqivalen control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Mataram dengan sampel penelitian siswa kelas X.6 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.8 sebagai kelas kontrol. Penentuan sampel diberikan oleh pihak sekolah, sedangkan penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan undian. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar atau postes. Data awal untuk homogenitas sampel kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh dari nilai ujian tengah semester genap, kemudian diberikan postes setelah adanya perlakuan berupa penerapan metode catatan terbimbing (guided note taking) untuk kelas eksperimen dan metode ceramah untuk kelas kontrol. Data hasil penelitian berupa hasil postes dianalisis secara statistik menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata postes kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing sebesar 72,58 dan 68,18. Hasil uji-t menggunakan rumus separated varians diperoleh nilai t-hitung (2,343) > t-tabel (2,000) yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan penerapan metode pembelajaran guided note taking terhadap prestasi belajar kimia materi pokok Hidrokarbon pada siswa kelas X semester 2 SMAN 3 Mataram tahun pelajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Catatan terbimbing (guided note taking), prestasi belajar
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Jul 2018 02:55
Last Modified: 09 Jul 2018 02:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5301

Actions (login required)

View Item View Item