PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA MATERI POKOK IKATAN KIMIA PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH MATARAM TAHUN PELAJARAN 2010/2011 Abstrak

Wasia, Nurul Hikmatun (2011) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA MATERI POKOK IKATAN KIMIA PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH MATARAM TAHUN PELAJARAN 2010/2011 Abstrak. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I-III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kimia dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif metode Course Review Horay (CRH) terhadap prestasi belajar kimia materi pokok ikatan kimia pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah Mataram Tahun Pelajaran 2010/2011. CRH merupakan metode pembelajaran yang dapat menciptakan suasana kelas menjadi meriah dan menyenangkan karena setiap siswa yang dapat menjawab diwajibkan berteriak’hore!’ atau yel-yel lainnya yang disukai. Hal ini dapat membangkitkan minat dan perhatian siswa, sehingga akhirnya dapat berpengaruh pada prestasi belajarnya. Penelitian ini bersifat eksperimental dengan Quasi experimental design, pada dua kelas berbeda, kelas XA sebagai kelas eksperimen dan kelas XB sebagai kelas kontrol. Populasi sampel ditentukan berdasarkan nilai mid dan sampel diambil dengan teknik “sampling purposive”. Data yang diperoleh berupa nilai dari hasil tes objektif dan analisis data menggunakan uji-t untuk menguji hipotesis. Hasil analisis data uji-t menunjukkan nilai thitung lebih besar dari t tabel pada taraf nyata 5% yaitu 4,0726 > 1,671 sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hasil perhitungan ini sesuai dengan nilai rata-rata siswa kelas eksperimen sebesar 58,806 yang lebih tinggi dari kelas kontrol sebesar 40,65. Dari hasil perhitungan tersebut maka model pembelajaran kooperatif metode Course Review Horay (CRH) memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap prestasi belajar kimia materi pokok ikatan kimia pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah Mataram Tahun Pelajaran 2010/2011

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode CRH, Prestasi Belajar, Ikatan Kimia
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Jul 2018 02:55
Last Modified: 09 Jul 2018 02:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5304

Actions (login required)

View Item View Item