RISDIANA, RISDIANA (2011) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE FUN-TEAMS-GAMES TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA MATERI POKOK IKATAN KIMIA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LABUAPI TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
BAB I-VI.doc Restricted to Repository staff only Download (238kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Fun-Teams-Games terhadap prestasi belajar kimia materi pokok ikatan kimia pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Labuapi tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan sampel sebanyak dua kelas yang diperoleh dengan teknik simple random sampling, yakni kelas X-A sebagai kelas kontrol dan kelas X-C sebagai kelas eksperimen. Dalam penelitian ini, perlakuan yang diberikan pada kelas eksperimen berupa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Fun Teams Games, sedangkan pada kelas kontrol menggunakan metode ceramah tanya jawab. Data berupa prestasi belajar siswa diambil melalui tes (pilihan ganda). Teknik analisis data mengunakan uji t polled varians karena dari uji f diperoleh varians homogen. Dari hasil uji t dan perbandingan nilai rata-rata serta ketuntasan klasikal antara kelas kontrol dan kelas eksperimen menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Fun Teams Games berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar kimia materi pokok ikatan kimia pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Labuapi tahun ajaran 2010/2011. Meskipun telah diterapkan model pembelajaran yang lebih baik namun belum memberikan hasil yang maksimal sehingga perlu dilakukan upaya pengendalian faktor-faktor lain yang mempengaruhi prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Prestasi Belajar, Ikatan Kimia, Fun Teams Games. |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 09 Jul 2018 02:55 |
Last Modified: | 09 Jul 2018 02:55 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5307 |
Actions (login required)
View Item |