PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KULSPONSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH MATARAM TAHUN AJARAN 2010/2011

AINI, ASROHUL (2011) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KULSPONSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH MATARAM TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB 1-BAB VI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode kulsponsi terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas X semester 1 SMA Muhammadiyah Mataram tahun ajaran 2010/2011. Metode pembelajaran kulsponsi merupakan gabungan dari metode ceramah, responsi, dan latihan terbimbing yang dapat digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental (eksperimen semu). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah Mataram yang berjumlah 3 kelas. Sampel/subjek dalam penelitian ini sudah ditentukan oleh pihak sekolah sehingga digunakan kelas X-A sebagai kelas eksperimen dan kelas X-B sebagai kelas kontrol. Analisis statistik yang digunakan adalah analisis varians satu jalan (one way anova) dengan menggunakan nilai UN SMP siswa sebagai data penunjang analisis prestasi belajar. Post test yang digunakan untuk mengukur prestasi belajar siswa berupa tes pilihan ganda dan uraian. Melalui analisis data hasil post test diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 69,28 dengan ketuntasan 75,86% sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh rata-rata sebesar 58,44 dengan ketuntasan 45,83%. Berdasarkan analisis varians satu jalan (one way anova) diperoleh Fhitung (7,41) lebih besar dari pada Ftabel (4,03) pada taraf signifikan 5%. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) yang diajukan dalam penelitian ini diterima yaitu metode pembelajaran kulsponsi memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap prestasi belajar kimia pada siswa kelas X semester 1 SMA Muhammadiyah Mataram tahun ajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode pembelajaran Kulsponsi, Prestasi belajar siswa
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Jul 2018 02:54
Last Modified: 09 Jul 2018 02:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5319

Actions (login required)

View Item View Item