ZAHROH, ALVIANI (2017) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DENGAN MEDIA SEMPOA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS I SDN 37 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Rendahnya hasil belajar Matematika siswa kelas I SDN 37 Mataram diindikasi oleh ketidakmampuan siswa dalam memahami materi yang dijelaskan guru dari KKM yang ditetapkan 76 rata-rata nilai siswa baru mencapai 69,92. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas I SDN 37 Mataram tahun pelajaran 2016/2017 dengan menerapkan metode demonstrasi dengan media sempoa melalui 2 siklus dengan 4 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, dokumentasi dan metode tes. Hasil penelitian, pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar Matematika siswa 73,6 dengan ketuntasan klasikal 72%. Skor aktivitas belajar siswa meningkat yaitu 10,66 menjadi 12,34. Skor aktivitas guru pada siklus I meningkat yaitu 10 menjadi 11,66. Pada siklus II hasil belajar Matematika siswa meningkat menjadi 82 dengan ketuntasan kalsikal 88%. Skor aktivitas belajar siswa juga meningkat yaitu 18 menjadi 19,33. Skor aktivitas guru juga meningkat yaitu 13,66 menjadi 15,33. Kesimpulan penelitian ini yaitu penerapan metode demonstrasi dengan media sempoa dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas I SDN 37 Mataram tahun pelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Metode demonstrasi, media sempoa, aktivitas belajar siswa, hasil belajar, aktivitas mengajar guru |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Wiwin Kartikawati |
Date Deposited: | 30 Aug 2017 06:29 |
Last Modified: | 30 Aug 2017 06:29 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/532 |
Actions (login required)
View Item |