STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR KIMIA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT AND DIVISION DAN JIGSAW MATERI POKOK HIDROKARBON PADA SISWA KELAS X SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 GERUNG TAHUN PELAJARAN 2010-2011

Darmawan, Wawan (2011) STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR KIMIA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT AND DIVISION DAN JIGSAW MATERI POKOK HIDROKARBON PADA SISWA KELAS X SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 GERUNG TAHUN PELAJARAN 2010-2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
bab I.doc
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia materi pokok hidrokarbon, pada siswa kelas X semetster 2 yang diajarkan dengan dua tipe model pembelajaran kooperatif yakni jigsaw dan STAD (Student Teams Achievement and Division). Adapun jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X yang berjumlah 290 orang sedangkan sampel yang dalam penelitian ini berjumlah 64 orang yang terdiri dari kelas X-2 yang dikenakan metode STAD dan kelas X-5 yang dikenakan metode jigsaw. Desain penelitian yang digunakan adalah post test group dimana perbedaan hasil belajar akan diuji dengan menggunakan uji daya beda (uji-t). Berdasarkan hasil perhitungan didapatkan thit>ttabel dimana didaptkan t hitung sebesar 2,03 dengan ttabel sebesar 2,001,. pada taraf signifaknsi 5% sehingga dapat dikatakan ada perbedaan antara hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran STAD dan Jigsaw. Berdasarkan perbandingan hasil belajar rata-rata kelas yang diajarkan dengan model STAD memiliki rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan dengan Jigsaw yakni secara berturut-turut 71,74, dan 65,6. Ketuntasan klasikal juga menunjukkan angka yang sama dimana model pembelajaran STAD memiliki ketuntasan yang lebih besar yakni 48,38% dan Jigsaw sebesar 40% dengan KKM yang ditentukan oleh sekolah sebesar 75. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kimia pada materi pokok hidrokarbon di kelas X-2 dan X-5 SMA Negeri 1 Gerung Tahun Pelajaran 2010-2011 model pembelajaran tipe STAD lebih baik dari jigsaw.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil belajar, Hidrokarbon, Pembelajaran Kooperatif, Student Teams Achievement Division (STAD), Jigsaw.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Jul 2018 02:53
Last Modified: 09 Jul 2018 02:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5330

Actions (login required)

View Item View Item