HUBUNGAN ANTARA FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI IPA SMAN 1 LABUAPI TAHUN PELAJARAN 2010/2011

MIYOSI, FARAS SEKAR (2010) HUBUNGAN ANTARA FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI IPA SMAN 1 LABUAPI TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (945kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat fasilitas belajar dan motivasi belajar siswa serta hubungannya antara fasilitas belajar dengan prestasi belajar kimia siswa, antara motivasi belajar dengan prestasi belajar kimia siswa, serta antara fasilitas belajar dan motivasi belajar dengan prestasi belajar kimia siswa kelas XI IPA SMAN 1 Labuapi Tahun Pelajaran 2010/2011. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI IPA SMAN 1 Labuapi Tahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 56 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh dengan mengambil seluruh populasi sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi untuk prestasi belajar dan angket untuk mengukur fasilitas belajar dan motivasi belajar siswa. Data dianalisis dengan statistik deskriptif meliputi penentuan mean, median, modus, standar deviasi, klasifikasi fasilitas belajar dan motivasi belajar siswa, kemudian statistik inferensial meliputi analisis regresi linier sederhana, korelasi product moment, uji signifikansi (Uji t), regresi berganda, korelasi berganda, uji signifikansi korelasi (Uji F), dan analisis koefisien determinasi. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif di atas didapatkan sebagian besar pemanfaatan fasilitas belajar siswa (55,20%) dan motivasi belajar siswa (53,06%) masing-masing termasuk dalam kategori sedang dan tinggi. Berdasarkan analisis regresi linier sederhana dan koefisien korelasi product moment diperoleh persaman regresi antara fasilitas belajar dengan prestasi belajar kimia siswa yaitu Y = 58,26 + 0,23X dan thitung 0,670 < ttabel 2,021 maka tidak terdapat hubungan positif yang signifikan antara fasilitas belajar dengan prestasi belajar kimia siswa kelas XI IPA SMAN 1 Labuapi Tahun Pelajaran 2010/2011 dengan koefisien determinasi (kontribusi) sebesar 0,94%. Persaman regresi antara motivasi belajar dengan prestasi belajar kimia siswa yaitu Y = 14,77 + 1,035X dan thitung 2,117 > ttabel 2,021 maka terdapat hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar kimia siswa kelas XI IPA SMAN 1 Labuapi Tahun Pelajaran 2010/2011 dengan koefisien determinasi sebesar 8,71%. Persaman regresi antara fasilitas belajar dan motivasi belajar dengan prestasi belajar kimia siswa yaitu Y = 12,001 + 0,101X1 + 1,0082X2 dan Fhitung 2,2387 < Ftabel 3,20 maka tidak terdapat hubungan yang signifikan antara fasilitas belajar dan motivasi belajar dengan prestasi belajar kimia siswa kelas XI IPA SMAN 1 Labuapi Tahun Pelajaran 2010/2011 dengan koefisien determinasi sebesar 0,79%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Fasilitas belajar, motivasi belajar, prestasi belajar
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Jul 2018 02:52
Last Modified: 09 Jul 2018 02:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5338

Actions (login required)

View Item View Item