PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN STRATEGI PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI IPA SMAN 1 BATULAYAR TAHUN PELAJARAN 2008/2009

MARDIAN, MARDIAN (2010) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN STRATEGI PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI IPA SMAN 1 BATULAYAR TAHUN PELAJARAN 2008/2009. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I,II,III,IV,V DAN VI.doc
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan diskusi dengan guru kimia SMAN 1 BATULAYAR diketahui bahwa prestasi belajar kimia siswa kelas XI IPA SMAN 1 BATULAYAR dapat dikatakan masih rendah bila dibandingkan dengan nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan yakni sebesar 60. Adapun penyebab rendahnya prestasi belajar ini adalah masih diterapkannya pembelajaran yang berpusat pada guru sehingga siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu kurangnya kerjasama antar siswa menyebabkan siswa sulit meningkatkan kemampuannya. Untuk itu diadakan suatu penelitian tindakan kelas dengan mengangkat materi pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar kimia siswa. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA semester II SMAN 1 BATULAYAR yang terdiri dari 20 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Pada pelaksanaan tindakan diterapkan pembelajaran kooperatif dengan strategi pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas yang diperoleh dari lembar observasi siswa pada siklus I, II, dan III yakni 14,66 (aktif);18,49 (sangat aktif); dan 21 (sangat aktif). Sedangkan prestasi belajar siswa yang diperoleh dari hasil evaluasi juga semakin meningkat. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata dan persentase ketuntasan belajar (KB) siswa pada siklus I, II, dan III yakni 71,05 dan 73,68%; 76,40 dan 85% serta 78,84 dan 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi Pemecahan Masalah dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar kimia siswa kelas XI IPA semester II tahun pelajaran 2008/2009.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Aktivitas belajar, prestasi belajar, pembelajaran kooperatif dengan strategi pemecahan masalah
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Jul 2018 02:52
Last Modified: 09 Jul 2018 02:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5345

Actions (login required)

View Item View Item