PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERTUKAR PASANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 33 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2016/2017

HIDAYATI, INTAN RAUDATUL (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERTUKAR PASANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 33 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya hasil observasi awal yang menunjukkan bahwa wali kelas V masih sering menggunakan metode pembelajaran ceramah yang cenderung monoton dan membuat siswa kurang antusias dalam proses pembelajaran sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Matematika. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen (Experimental Research) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe bertukar pasangan terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V di SDN 33 Mataram tahun pelajaran 2016/2017. Desain penelitian ini menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V.B di SDN 33 Mataram yang berjumlah 28 orang. Diperoleh skor rata-rata pretest 52,27 dan skor rata-rata pada posttest 74,58 sehingga didapatkan gain sebesar 22,31 dan perolehan gain score <g> ternormalisasi sebesar 0,47 berada dalam kriteria medium/sedang. Sementara itu, hasil analisis data menggunakan uji paired sample t-test diperoleh hasil Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang berarti dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Kemudian hasil perhitungan rata-rata lembar observasi selama dua kali pertemuan adalah 19,5 berada pada kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe bertukar pasangan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di SDN 33 Mataram tahun pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bertukar Pasangan, Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 30 Aug 2017 06:28
Last Modified: 30 Aug 2017 06:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/535

Actions (login required)

View Item View Item