PENERAPAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA KELAS IV SDN 1 SIGERONGAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Susanti, Tutik (2017) PENERAPAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA KELAS IV SDN 1 SIGERONGAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUTIK SUSANTI SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Nilai rata-rata kemampuan menulis karangan deskripsi pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN 1 Sigerongan belum mencapai KKM. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara diketahui bahwa masih banyak siswa yang belum terampil dalam menulis karangan, sehingga nilai rata-rata mata pelajaran bahasa Indonesia siswa belum mencapai KKM yang ditentukan sebesar 75. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus yang terdiri dari lima tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 1 Sigerongan yang berjumlah 36 orang siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar pengamatan dan tes menulis karangan individu. Keseluruhan data dianalisis secara kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Aktivitas siswa siklus I sebesar 59 dan siklus II sebesar 77,5, mengalami peningkatan yang signifikan dari berkategori aktif menjadi sangat aktif. Hasil penelitian diketahui rata-rata nilai hasil menulis karangan deskripsi pada siklus I sebesar 73,2 dan pada siklus II sebesar 80. Sedangkan ketuntasan belajar siswa siklus I sebesar 83,3 dan siklus II menjadi 94,4. Kinerja guru juga meningkat yakni siklus I sebesar 14,5 dan siklus II sebesar 19,5 juga meningkat dari kategori baik menjadi sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode CIRC dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SDN 1 Sigerongan Tahun Pelajaran 2016/2017

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC), Kemampuan Menulis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 30 Aug 2017 06:27
Last Modified: 30 Aug 2017 06:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/538

Actions (login required)

View Item View Item