PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATERI POKOK TERMOKIMIA SISWA KELAS XI SEMESTER I SMA NEGERI 7 MATARAM TAHUN AJARAN 2009/2010

MASHURI, MOHAN TAUFIQ (2010) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATERI POKOK TERMOKIMIA SISWA KELAS XI SEMESTER I SMA NEGERI 7 MATARAM TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division terhadap prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 7 Mataram sebanyak 155 orang yang tersebar dalam empat kelas. Sebagai sampel penelitian terpilih kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sedangkan pada kelas kontrol dengan metode konvensional (ceramah). Pengaruh pemberian perlakuan terhadap prestasi belajar siswa dapat diketahui dengan membandingkan hasil tes kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan kelas kontrol (XI IPA 1) dengan rentang nilai 23,53-82,35 dan nilai rata-rata 51,55 serta ketuntasan 28,95% lebih rendah dibandingkan dengan kelas eksperimen (XI IPA 2) yang rentang nilainya 35,29-88,24 dengan nilai rata-rata 60,48 dan ketuntasan 51,28%. Berdasarkan perhitungan uji t dengan rumus polled varians (varians homogen) diperoleh thitung sebesar 2,747, harga ini kemudian dibandingkan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% untuk uji satu pihak yang diperoleh sebesar 1,671. Oleh karena thitung lebih besar dari ttabel dan nilai terendah, nilai tertinggi, nilai rata-rata, serta ketuntasan lebih besar pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol maka Ha diterima, berarti bahwa terdapat pengaruh positif dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division terhadap prestasi belajar pada materi pokok termokimia siswa kelas XI Semester I SMA Negeri 7 Mataram Tahun Ajaran 2009/2010.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Kooperatif, STAD, dan Prestasi Belajar.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Jul 2018 06:24
Last Modified: 09 Jul 2018 06:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5395

Actions (login required)

View Item View Item