PENERAPAN MEDIA KARTU KIMIA BERANTAI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATERI POKOK REAKSI REDUKSI OKSIDASI PADA SISWA SMA NEGERI 1 NARMADA TAHUN AJARAN 2008/2009

PURNAWATI, BAIQ DEWI YUNI (2010) PENERAPAN MEDIA KARTU KIMIA BERANTAI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATERI POKOK REAKSI REDUKSI OKSIDASI PADA SISWA SMA NEGERI 1 NARMADA TAHUN AJARAN 2008/2009. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.doc
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah penerapan media kartu kimia berantai dapat meningkatkan prestasi belajar materi pokok reaksi reduksi oksidasi pada siswa SMA Negeri 1 Narmada tahun ajaran 2008/2009. Penelitian ini merupakan penelitian eskperimen dengan populasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Narmada Tahun Ajaran 2008/2009 yang berjumlah 208 siswa. Tekhnik cluster random sampling digunakan untuk menentukan sampel sehingga diperoleh dua kelas sampel, satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas lagi sebagai kelas kontrol. Perlakuan dalam kelas eksperimen menggunakan media kartu kimia berantai dan kelas kontrol tidak menggunakan media kartu kimia berantai. Data penelitian berupa nilai yang diperoleh dengan pemberian tes setelah pembelajaran pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berakhir. Berdasarkan hasil tes diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 74,58 lebih besar daripada kelas kontrol yaitu 67,50, sedangkan ketuntasan belajar kelas eksperimen yaitu 86,10%, lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 67,65%. Kartu kimia berantai berisikan beberapa persamaan reaksi, kata atau istilah yang berhubungan dengan konsep reaksi reduksi oksidasi. Penggunaan media kartu kimia berantai dapat merangsang pikiran, perasaan, dan minat serta perhatian siswa yang dapat mendorong proses belajar pada diri siswa, sehingga informasi yang diterima akan lebih lama tersimpan pada ingatan siswa. Hasil uji-t diperoleh thitung 2,60 dan ttabel sebesar 1,67 pada taraf signifikan 5%. Karena thitung > ttabel dan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol berarti hipotesis diterima. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan : penerapan media kartu kimia berantai dapat meningkatkan prestasi belajar materi pokok reaksi reduksi oksidasi pada siswa SMA Negeri 1 Narmada tahun ajaran 2008/2009.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media kartu kimia berantai, prestasi belajar
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Jul 2018 06:23
Last Modified: 09 Jul 2018 06:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5401

Actions (login required)

View Item View Item