ANALISIS KUALITAS BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 UNTUK SMA/MA KELAS XI: STUDI KOMPARASI TERBITAN PEMERINTAH DAN PENERBIT SWASTA (YRAMA WIDYA)

YUWANTI, IKA RAHMA (2016) ANALISIS KUALITAS BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 UNTUK SMA/MA KELAS XI: STUDI KOMPARASI TERBITAN PEMERINTAH DAN PENERBIT SWASTA (YRAMA WIDYA). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text (Bahasa Indonesia)
IKA RAHMA YUWANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada Analisis Kualitas Buku Teks Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas XI Studi Komparasi: Terbitan Pemerintah dan Penerbit Swasta (Yrama Widya) yakni analisis buku teks pada kualitas isi, kualitas bahasa, kualitas penyajian dan kualitas kegrafikan. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat deskriptif komparatif, yaitu penelitian yang menggambarkan dan membandingkan kedua buku teks bahasa Indonesia. Metode pengumpulan data pada penelitian ini, yaitu metode observasi, metode dokumenter dan metode catat. Setelah semua data terkumpul, kemudian dianalisis menggunakan analisis deskrptif komperatif berdasarkan ketentuan Badan Standar Nasional Pendidikan.Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa buku teks bahasa Indonesia terbitan pemerintah dan penerbit swasta hampir semua sesuai dengan ketentuan BSNP. Terbitan pemerintah pada kualitas isi aspek kesesuaian materi kualifikasi lengkap, sedangkan penerbit Yrama Widya juga kualifikasi lengkap. Aspek keaktualan materi buku teks terbitan pemerintah kualifikasi kurang aktual sedangkan buku teks penerbit Yrama Widya kualifikasi tidak aktual. Aspek keakuratan materi terbitan pemerintah kualifikasi cermat sedangkan penerbit Yrama Widya kurang cermat. Pada kualitas bahasa aspek ketepatan ejaan kedua buku teks kualifikasi tepat. Aspek kesesuaian dengan perkembangan peserta didik kedua teks kualifikasi baik, dan pada aspek kelugasan kedua buku teks kualifikasi lugas. Pada kualitas penyajian kedua buku teks menarik dan baik tapi pada buku teks terbitan pemerintah aspek glosarium dan indeks kualifikasi tidak lengkap sedangkan penerbit Yrama Widya kualifikasi lengkap. Terakhir pada kualitas kegrafikan aspek ukuran, jenis dan format huruf kedua buku teks kualifikasi tepat dan aspek ilustrasi pada buku teks terbitan pemerintah kualifikasi sesuai sedangkan aspek ilustrasi pada buku teks bahasa Indonesia penerbit Yrama Widya kualifikasi kurang sesuai.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Analisis kualitas buku teks,kualitas isi, kualitas bahasa, kualitas penyajian dan kualitas kegrafikan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ahmadi S.Si
Date Deposited: 30 Aug 2017 06:27
Last Modified: 30 Aug 2017 06:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/541

Actions (login required)

View Item View Item