PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA MATERI POKOK HIDROLISIS GARAM SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 2 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2009/2010

ISMAYANTI, FARIDA (2010) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA MATERI POKOK HIDROLISIS GARAM SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 2 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I - BAB III.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen (eksperimen semu) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran advance organizer terhadap prestasi belajar kimia materi pokok hidrolisis garam siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Mataram tahun pelajaran 2009/ 2010. Penentuan sampel dari populasi siswa kelas XI IPA yang berjumlah 6 kelas dilakukan dengan teknik purposive sample, dua sampel terpilih yaitu siswa kelas XI IPA5 (kelas eksperimen) dan XI IPA6 (kelas kontrol). Proses pembelajaran pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran advance organizer, sedangkan pada kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional dengan metode ceramah. Pengambilan data berupa tes prestasi belajar siswa kedua kelas tersebut dilakukan dengan pemberian tes evaluasi hasil belajar materi pokok hidrolisis garam yang telah divalidasi. Pengaruh pemberian perlakuan terhadap prestasi belajar siswa dapat diketahui dengan membandingkan hasil tes kedua kelas tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 81,37 dengan ketuntasan klasikal sebesar 95,55 %, sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 80,84 dengan ketuntasan klasikal sebesar 90,91 %. Hasil analisis data prestasi belajar siswa secara statistik dengan uji-t diperoleh thitung (0,271) lebih kecil dari ttabel (1,67) pada taraf signifikan 5%, sehingga Ha pada penelitian ini ditolak yang artinya pembelajaran dengan model advance organizer tidak dapat meningkatkan prestasi belajar kimia materi pokok hidrolisis garam siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Mataram tahun pelajaran 2009/ 2010.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Advance Organizer, Prestasi Belajar, Hidrolisis Garam.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:34
Last Modified: 13 Jul 2018 01:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5417

Actions (login required)

View Item View Item