Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Terhadap Prestasi Belajar Kimia Materi Pokok Termokimia Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Mataram Semester I Tahun Ajaran 2009/2010

SULISTYOWATI, YENI (2010) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Terhadap Prestasi Belajar Kimia Materi Pokok Termokimia Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Mataram Semester I Tahun Ajaran 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi revisi.doc
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental yang bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share dapat mempengaruhi prestasi belajar kimia siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Mataram Tahun Pelajaran 2009/2010 khususnya pada materi pokok termokimia. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Mataram. Pengambilan sampel kelas untuk kelas eksperimen dan kontrol tidak dilakukan dengan teknik random tetapi dengan cara probability sampling (pengundian biasa). Setelah proses pembelajaran dilakukan data dikumpulkan dengan teknik tes pilihan ganda untuk mengukur prestasi belajar siswa. Analisis data yang digunakan adalah uji-F (uji homogenitas) dan uji-t (uji beda). Melalui analisis data hasil akhir (postest) diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen tipe think-pair-share 76,46 yang lebih tinggi daripada nilai rata-rata kelas kontrol (metode konvensional) yaitu 71,97. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh harga thitung ( 2,86) lebih besar dari harga ttabel (1,67). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) yang diajukan diterima yaitu “Prestasi belajar kimia materi pokok temokimia antara siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share lebih tinggi daripada prestasi belajar kimia siswa yang diajarkan dengan metode konvensional (ceramah dan tanya jawab) di kelas XI IPA SMA Negeri 3 Mataram Tahun Ajaran 2009/2010”.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Prestasi belajar, Pembelajaran kooperatif, Think-Pair-Share
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:34
Last Modified: 13 Jul 2018 01:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5418

Actions (login required)

View Item View Item