Pengaruh Penerapan Strategi Permainan Sepak Bola Kimia (Chemistry Football Game) Terhadap Prestasi dan Aktivitas Belajar Kimia Siswa di SMAN 4 MATARAM Tahun Ajaran 2010/2011

INDRAYANI, NI NYOMAN (2010) Pengaruh Penerapan Strategi Permainan Sepak Bola Kimia (Chemistry Football Game) Terhadap Prestasi dan Aktivitas Belajar Kimia Siswa di SMAN 4 MATARAM Tahun Ajaran 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (59MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi permainan sepak bola kimia (Chemistry Football game) terhadap prestasi dan aktivitas belajar kimia siswa di SMAN 4 Mataram tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan suatu penelitian eksperimen semu yang dilakukan dalam tiga kali pertemuan. Permainan digunakan sebagai strategi penunjang untuk memaksimalkan aktivitas siswa. Data mengenai aktivitas siswa diperoleh melalui lembar observasi aktivitas siswa, sedangkan untuk data mengenai prestasi belajar siswa diperoleh melalui tes yang dilaksanakan pada akhir proses pembelajaran. Dari hasil perhitungan aktivitas siswa berdasarkan data dua orang pengamat diperoleh skor rata-rata aktivitas siswa pada kelas eksperimen sebesar 2,96 dengan kriteria ”aktif” dan untuk kelas kontrol dengan rata-rata sebesar 1,85 dengan kriteria ”cukup aktif”. Analisis data hasil tes menunjukan bahwa nilai rata-rata kelas dan persentase ketuntasan belajar klasikal diperoleh nilai secara berurutan sebesar 46,8 dan 25 % pada kelas kontrol, sedangkan pada kelas eksperimen diperoleh nilai berturut-turut 57,2 dan 45 %. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan rumus separated varians diperoleh nilai thitung sebesar 2,847 kemudian dikonsultasikan dengan ttabel sebesar 2,0315. Karena thitung > ttabel maka hipotesis diterima yaitu strategi permainan sepak bola kimia (chemistry football game) berpengaruh terhadap prestasi dan aktivitas belajar kimia siswa di SMAN 4 Mataram tahun ajaran 2010/2011. Dari data yang diperoleh baik prestasi maupun aktivitas belajar kimia siswa di kelas eksperimen lebih baik dibanding kelas kontrol, walaupun rata-rata prestasi belajarnya masih dibawah nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Jadi strategi permainan sepak bola kimia (chemistry football game) dapat meningkatkan prestasi dan aktivitas belajar kimia siswa di SMAN 4 Mataram tahun ajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): strategi, permaian sepak bola kimia, aktivitas, prestasi belajar.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:33
Last Modified: 13 Jul 2018 01:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5427

Actions (login required)

View Item View Item