PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION MELALUI TEKNIK MAKE A MATCH PADA MATERI STRUKTUR ATOM SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TERARA SEMESTER I TAHUN AJARAN 2009/2010

AINI, QURATUL (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION MELALUI TEKNIK MAKE A MATCH PADA MATERI STRUKTUR ATOM SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TERARA SEMESTER I TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.doc
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) melalui teknik Make a Match terhadap prestasi belajar kimia pada materi struktur atom siswa SMA Negeri 1 Terara Tahun Ajaran 2009/2010. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Terara yang terdiri dari enam kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dua kelas yang ditentukan dengan simple random sampling. Dari dua kelas sampel, satu kelas kontrol dan satu kelas eksperimen. Perlakuan pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui Teknik Make a Match, sedangkan kelas kontrol tanpa menggunakan perlakuan. Data penelitian berupa nilai yang diperoleh dari pemberian tes yang sudah divalidasi untuk mengetahui prestasi belajar siswa setelah kegiatan belajar materi struktur atom pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengaruh pemberian perlakuan terhadap prestasi belajar siswa dapat diketahui dengan membandingkan hasil tes kedua kelas tersebut. Hasil penelitian menunjukkan prestasi belajar siswa pada kelas eksperimen dengan rata-rata 60,17 lebih tinggi dibandingkan prestasi belajar kelas kontrol dengan rata-rata 47,5. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji-t. Dari analisis data, diperoleh thitung 4,323 lebih besar dari ttabel 1,691 pada taraf signifikan 5 %. Berdasarkan data tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui teknik Make a Match terhadap prestasi belajar kimia pada materi struktur atom siswa SMA Negeri 1 Terara Tahun Ajaran 2009/2010.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran Kooperatif, Student Team Achievement Division, Make a Match, Prestasi Belajar.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:33
Last Modified: 13 Jul 2018 01:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5429

Actions (login required)

View Item View Item