Caliopatra, Monik (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN ARTIKULASI PADA SISWA KELAS V SDN 3 GUNUNG SARI TAHUN PELAJARAN2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf Restricted to Repository staff only Download (61MB) |
Abstract
Abstrak: Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada IPA menggunakan metode pembelajaran artikulasi pada siswa kelas V SDN 3 Gunung Sari tahun pelajaran 2016/2017. Model artikulasi yang digunakan disesuaikan dengan materi ajar dan tujuan yang hendak dicapai. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan proses kegitan tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus memliki tahapan- tahapan yang berkesinambungan yaitu : 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi dan evaluasi, 4) refleksi. Data dan aktifitas guru siswa diperoleh dengan cara observasi dan hasil belajar siswa kumpulkan denga teknik evaluasi yang dilakukan pada setiap akhir siklus. Adapun indikator pencapain dalam penelitian ini adalah adanya peningktan aktivitas belajar siswa minimal dalam kategori aktifdan tercapai ketuntasan klasikalnya ≥70% dari siswwa yang mendapat nilai ≥75 berdasarkan KKM yang ditentukan oleh sekolah. Tes hasil belajar siswa pada siklus 1 mencapai ketuntasan klasikal 70% dengan nilai rata-rata 74,25 dan aktifitas belajar dalam kategori aktf. Sedangkanpada siklus 2 ketuntasan klasikal mengalami peningkatan yaitu 90% dengan nilai rata-rata 80 dan aktifitas belajarnya dalam kategori sangat aktif
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | metode pembelajaran artikulasi, hasil belajar, mata pelajaran IPA. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Wiwin Kartikawati |
Date Deposited: | 30 Aug 2017 06:26 |
Last Modified: | 30 Aug 2017 06:26 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/543 |
Actions (login required)
View Item |