STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR MATERI POKOK REAKSI REDOKS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS DAN THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 MATARAM TAHUN AJARAN 2009/2010

DEWI, YULI KUSUMA (2010) STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR MATERI POKOK REAKSI REDOKS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS DAN THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 MATARAM TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
bab 1 - bab 6.docx
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar kimia pada materi pokok reaksi redoks menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Mataram tahun ajaran 2009-2010. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan sampel sebanyak dua kelas yang diperoleh dengan teknik simple random sampling, yakni kelas X-A sebagai kelas penerapan tipe STAD dan kelas X-C sebagai kelas penerapan tipe TPS. Data berupa prestasi belajar siswa diperoleh melalui tes (pilihan ganda). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t (uji beda). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh harga thitung (2,04) lebih besar daripada ttabel (2,00) pada taraf signifikan 5%. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar kimia antara siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Berdasarkan perbandingan hasil belajar siswa pada kedua kelas yaitu pada kelas dengan penerapan model Student Teams Achievement Divisions diperoleh nilai rata-rata dan ketuntasan klasikal secara berturut-turut sebesar 71,16 dan 82,75% dimana rentang nilai yang diperoleh adalah 45,45–90,90. Pada kelas dengan penerapan model Think Pair Share diperoleh nilai rata-rata kelas 65,77 dan ketuntasan klasikal sebesar 75% dengan rentang nilai yang diperoleh adalah 50,00–81,82, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripada tipe TPS jika diterapkan dalam pembelajaran kimia materi pokok reaksi redoks..

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil Belajar, Reaksi Redoks, Student Teams Achievement Divisions (STAD), Think Pair Share (TPS).
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:33
Last Modified: 13 Jul 2018 01:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5434

Actions (login required)

View Item View Item