PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING SISWA KELAS IV SDN 12 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

HASANAH, YATIPATUN (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING SISWA KELAS IV SDN 12 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa. Dari hasil observasi di SDN 12 Ampenan hal ini disebabkan oleh tidak jarang guru menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan diskusi, guru jarang menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 12 Ampenan tahun pelajaran 2016/2017 melalui model pembelajaran Circuit Learning. Berdasarkan latar belakang di atas, maka peneliti mengadakan penelitian tindakan kelas dengan model pembelajaran Circuit Learning terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data hasil belajar siswa diperoleh melalui evaluasi, aktivitas siswa dan guru yang diperoleh melalui lembar observasi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Circuit Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 12 Ampenan. Pada siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 69,3 dengan ketuntasan klasikal 53,8%. Sedangkan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 83 dengan ketuntasan klasikal 88,5%. Data siklus II sudah sesuai dengan ketuntasan yang telah ditentukan 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Circuit Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 12 Ampenan Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil belajar IPS, model Circuit Learning.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 30 Aug 2017 06:26
Last Modified: 30 Aug 2017 06:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/545

Actions (login required)

View Item View Item