PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM TERBUKA PADA PEMBELAJARAN MATERI SEGIEMPAT UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BERPIKIR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII (Suatu Penelitian Tindakan Kelas di SMP Negeri 1 Labuhan Haji Tahun Pelajaran 2008/2009)

SUPIASTIWI, FITRI (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM TERBUKA PADA PEMBELAJARAN MATERI SEGIEMPAT UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BERPIKIR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII (Suatu Penelitian Tindakan Kelas di SMP Negeri 1 Labuhan Haji Tahun Pelajaran 2008/2009). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI PROBLEM TERBUKA.docx
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas VII SMP Negeri 1 Labuhan, diperoleh nilai rata-rata ujian matematika siswa kelas VII-F terendah dibandingkan yang lain dan satu-satunya kelas yang nilai rata-ratanya di bawah 60,00. Pada pembelajaran di kelas, guru lebih banyak menggunakan metode ekspositori dalam menyampaikan materi serta jarang menggunakan pertanyaan-pertanyaan yang mampu membangun konsep siswa. Pembelajaran seperti ini kurang mampu melatih kreativitas berpikir siswa sehingga berdampak pada rendahnya prestasi belajar siswa. Untuk itu diperlukan suatu model pembelajaran yang mampu merangsang dan mengembangkan kreativitas berpikir siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran Problem Terbuka. Dalam penerapan model pembelajaran Problem Terbuka, guru berperan sebagai fasilitator sedangkan siswa aktif dan kreatif dalam menemukan sendiri suatu konsep, sehingga siswa akan lebih mampu mentransfer pengetahuannya kedalam pemecahan masalah. Siswa juga dilatih untuk mengerjakan soal-soal latihan secara individual. Aktivitas-aktivitas tersebut akan mampu meningkatkan kreativitas berpikir dan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama 3 siklus. Data kreativitas berpikir siswa dan kreativitas guru dikumpulkan melalui lembar observasi sedangkan data prestasi belajar siswa dikumpulkan melalui tes evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor kreativitas berpikir siswa mengalami peningkatan pada tiap siklusnya yaitu pada siklus I, II dan III adalah 7,41; 7,87 dan 8,75 dengan katagori cukup kreatif, cukup kreatif dan kreatif. Rata-rata prestasi belajar siswa siklus I, II, dan III adalah 59,79; 63,53 dan 66,45. Peningkatan nilai rata-rata siswa dari siklus I ke siklus II signifikan dan siklus II ke siklus III signifikan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem terbuka pada pembelajaran materi segiempat dapat meningkatkan kreativitas berpikir dan prestasi belajar siswa kelas VII-F SMP Negeri 1 Labuhan Haji tahun pelajaran 2008/2009.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): penerapan model pembelajaran problem terbuka pada pembelajaran materi segiempat dapat meningkatkan kreativitas berpikir dan prestasi belajar
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:31
Last Modified: 13 Jul 2018 01:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5475

Actions (login required)

View Item View Item