IMPLEMENTASI STRATEGI THINK-TALK-WRITE MELALUI BELAJAR DALAM KELOMPOK KECIL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LINGKARAN DI KELAS VIII-6 SMP NEGERI 7 MATARAM TAHUN AJARAN 2008/2009

WIRATNINGSIH, NI GUSTI AYU PUTU (2010) IMPLEMENTASI STRATEGI THINK-TALK-WRITE MELALUI BELAJAR DALAM KELOMPOK KECIL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LINGKARAN DI KELAS VIII-6 SMP NEGERI 7 MATARAM TAHUN AJARAN 2008/2009. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Isi Skripsi.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan prestasi belajar siswa. Direct teaching yang diterapkan, khusunya pada materi pokok Lingkaran mengakibatkan kegiatan belajar mengajar (KBM) tidak berpusat pada siswa. Akibatnya kemampuan berpikir siswa menurun, kemampuan berkomunikasi secara lisan siswa dengan siswa lain maupun gurunya kurang berkembang dan pada akhirnya siswa kurang mampu mengekspresikan kemampuannya dalam komunikasi tertulis. Rendahnya aktivitas siswa tersebut ternyata berdampak pada prestasi belajar siswa yang kian menurun. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII-6 SMP Negeri 7 Mataram dengan implementasi strategi think-talk-write dalam kelompok kecil. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII-6 SMP Negeri 7 Mataram sebanyak 37 orang. PTK ini dikatakan berhasil apabila terjadi peningkatan aktivitas dan prestasi siswa. Aktivitas siswa dikatakan meningkat apabila kriteria dari aktivitas belajar siswa minimal berkategori aktif dan mengalami peningkatan nilai rata-rata skor untuk setiap siklusnya. Prestasi siswa dikatakan meningkat apabila terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas pada tiap siklusnya dan pada akhir siklus nilainya (sesuai standar KKM mata pelajaran Matematika di SMP Negeri 7 Mataram tahun ajaran 2008/2009). Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan prestasi belajar siswa meningkat. Rata-rata skor aktivitas siswa pada siklus I, siklus II, dan siklus III berturut-turut adalah 10,33; 12,99; dan 15,00 dengan urutan kategori cukup aktif, aktif dan sangat aktif. Untuk nilai rata-rata kelas siswa yang merupakan prestasi belajar pada penelitian ini, hasilnya pada siklus I, siklus II, dan siklus III berturut-turut adalah 59,22; 64,08 dan 67,32. Indikator keberhasilan penelitian ini terpenuhi, sehingga dapat disimpulkan implementasi strategi think-talk-write melalui belajar dalam kelompok kecil dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada materi pokok Lingkaran di kelas VIII-6 SMP Negeri 7 Mataram tahun ajaran 2008/2009.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): implementasi strategi think-talk-write dalam kelompok kecil
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:31
Last Modified: 13 Jul 2018 01:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5477

Actions (login required)

View Item View Item