PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING LEARNING (PSL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 27 AMPENAN TAHUN 2016/2017

MUKARROMAH, MUKARROMAH (2017) PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING LEARNING (PSL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 27 AMPENAN TAHUN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen (experimental research) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Problem Solving Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di SDN 27 Ampenan tahun 2016/2017. Desain penelitian ini menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1-VI SDN 27 Ampenan, sedangkan sampelnya adalah kelas IV.A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV.B sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar dianalisis menggunakan uji-t yaitu uji parametric karena telah memenuhi uji prasayarat yaitu data yang normal dan homogen. Dengan demikian diperoleh thitung sebesar 3,507 sedangkan ttabel sebesar 1,996 pada taraf kepercayaan 95%. Penjelasan tersebut menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara metode Problem Solving Learning.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Problem Solving Learning, Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 30 Aug 2017 06:19
Last Modified: 30 Aug 2017 06:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/548

Actions (login required)

View Item View Item