Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan TERES (Terstruktur, Efektif dan Realistik) Pada Pembelajaran Materi Bentuk Akar dan Logaritma untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X-j SMAN 7 Mataram Tahun Ajaran 2010/2011

HAKIMAYADI, MUHAMMAD (2010) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan TERES (Terstruktur, Efektif dan Realistik) Pada Pembelajaran Materi Bentuk Akar dan Logaritma untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X-j SMAN 7 Mataram Tahun Ajaran 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi utuh.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Hasil observasi dan wawancara dengan guru matematika kelas X-j SMAN 7 Mataram memberikan indikasi bahwa pembelajaran matematika masih dilakukan secara konvensional. Siswa datang kesekolah hanya untuk duduk dan mendengarkan serta menulis apa yang diberikan oleh guru, sehingga pembelajaran yang terjadi hanya satu arah saja, yaitu dari guru ke siswa. Selain itu, rata-rata nilai ulangan harian I sangat rendah dan di bawah 50. Untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada, guru hendaknya memperbaiki sistem pembelajaran, salah satu caranya dengan menerapkan Model Kooperatif dengan pendektan TERES. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas X-j SMAN 7 Mataram Tahun Ajaran 2010/2011 dengan menerapkan Model Kooperatif pendekatan TERES pada materi bentuk akar dan logaritma. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap siklusnya berlangsung tiga kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X-j SMAN 7 Mataram tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 38 orang. Data prestasi belajar siswa dikumpulkan dalam melalui tes isian tiap akhir siklus, sedangkan data aktivitas belajar siswa diperoleh melalui lembar observasi. Berdasarkan hasil evaluasi siklus I, II, dan III diperoleh rata-rata skor aktivitas belajar siswa berturut-turut 9,5; 17,5 dan 18; yang berkategori cukup aktif dan sangat aktif. Sedangkan rata-rata skor hasil evaluasi siswa pada siklus I, siklus II, dan siklus III masing-masing sebesar 62,8; 65,6 dan 68. Sedangkan presentasi ketuntasan untuk masing-masing siklus sebesar 52,63%; 65,79%, dan 84,21% Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif pendektan TERES ( Terstruktur, Efektif dan Realistik) dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas X-j SMAN 7 Mataram pada materi bentuk akar dan logaritma tahun ajaran 2010/2011

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model kooperatif, Pendektan TERES
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:30
Last Modified: 13 Jul 2018 01:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5480

Actions (login required)

View Item View Item