PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS PADA PEMBELAJARAN MATERI TEOREMA PYTHAGORAS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 MATARAM TAHUN AJARAN 2009/2010

OKTAMI, NI KADEK ESTI (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS PADA PEMBELAJARAN MATERI TEOREMA PYTHAGORAS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 MATARAM TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.doc
Restricted to Repository staff only

Download (427kB)

Abstract

Proses pembelajaran matematika di sekolah selama ini umumnya didominasi oleh guru. Hasil observasi awal di kelas VIII Tata Niaga SMP Negeri 5 Mataram, kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru, khususnya pada pembelajaran matematika. Guru menjelaskan materi kemudian memberikan contoh soal dan latihan. Pembelajaran seperti ini kurang mampu merangsang motivasi dan aktivitas belajar, terutama pada materi teorema Pythagoras yang substansi materinya banyak diterapkan baik dalam materi matematika lainnya atau pun pada masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, model pembelajaran yang digunakan guru harus tepat. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction). Dalam penerapan model pembelajaran ARIAS, siswa dibimbing untuk aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dengan usaha pertama yaitu menanamkan rasa percaya diri siswa (assurance) bahwa mereka mampu menguasai materi yang akan dipelajari. Siswa akan lebih termotivasi untuk belajar karena materi yang diberikan dan pengalaman belajar yang dilakukan ada relevansinya dalam kehidupan sehari-hari (relevance). Selain itu, ada juga usaha untuk menumbuhkan dan memelihara minat/perhatian siswa agar siswa tidak bosan selama proses pembelajaran berlangsung (interest). Kemudian mengevaluasi semua aktivitas dan prestasi belajar siswa selama KBM berlangsung serta memberikan penghargaan yang pantas atas keberhasilan belajar siswa sebagai sarana untuk menumbuhkan rasa bangga pada siswa akan hasil yang telah dicapai (satisfaction). Kelima komponen model pembelajaran ARIAS tersebut akan mampu meningkatkan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 3 siklus. Data aktivitas siswa dan guru dikumpulkan melalui lembar observasi sedangkan data prestasi belajar siswa dikumpulkan melalui tes evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor aktivitas siswa mengalami peningkatan pada tiap siklusnya yaitu rata-rata skor aktivitas siswa pada siklus I sebesar 8,83 dengan kategori cukup aktif, skor aktivitas siswa pada siklus II sebesar 11,67 dengan kategori aktif, dan rata-rata skor aktivitas siswa pada siklus III sebesar 13,32 dengan kategori aktif. Rata-rata prestasi belajar siswa siklus I, II, dan III adalah 51,49; 60,89 dan 67,43. Analisis statistik deskriptif dan uji t diperoleh peningkatan nilai rata-rata siswa dari nilai rata-rata sebelum diterapkan model pembelajaran ARIAS ke siklus I tidak signifikan, ke siklus II signifikan dan ke siklus III signifikan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran ARIAS dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Mataram tahun ajaran 2009/2010 pada materi teorema Pythagoras.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): model pembelajaran ARIAS
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:30
Last Modified: 13 Jul 2018 01:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5481

Actions (login required)

View Item View Item