PENERAPAN MODEL SUPERITEM DENGAN OPTIMALISASI SESI LATIHAN PADA PEMBELAJARAN MATERI FAKTORISASI BENTUK ALJABAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII-I SMPN 10 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2010/2011

ASTIWI, GINA OCTAVIAN (2010) PENERAPAN MODEL SUPERITEM DENGAN OPTIMALISASI SESI LATIHAN PADA PEMBELAJARAN MATERI FAKTORISASI BENTUK ALJABAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII-I SMPN 10 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)

Abstract

Latihan merupakan salah satu unsur penting dalam pembelajaran, sekaligus juga pendukung tingginya prestasi belajar siswa. Akan tetapi, berdasarkan hasil wawancara dengan guru matematika SMPN 10 Mataram, siswa kesulitan dan tidak mau mengerjakan soal latihan yang diberikan. Hal ini disebabkan oleh soal latihan yang diberikan membosankan dan terkadang tidak sesuai dengan kesiapan siswa sehingga berpengaruh terhadap rendahnya prestasi siswa. Hal ini didukung oleh hasil pretest mata pelajaran matematika siswa kelas VIII SMPN 10 Mataram Tahun Pelajaran 2010/2011 yang menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa tergolong sangat rendah. Oleh sebab itu, guru hendaknya memperbaiki sistem pembelajaran, salah satu caranya dengan menerapkan suatu model pembelajaran yang menggunakan pola bertahap mengikuti kesiapan belajar siswa. Selain itu, perlu juga mengoptimalkan sesi latihan agar siswa lebih tertarik mengerjakan soal latihan yang diberikan sehingga akan berpengaruh pada peningkatan prestasi belajar siswa. Oleh sebab itu, peneliti menerapkan model pembelajaran Superitem dengan optimalisasi sesi latihan pada Pembelajaran Materi Faktorisasi Bentuk Aljabar untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-I SMPN 10 Mataram tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 40 orang. Data prestasi belajar siswa dikumpulkan melalui tes evaluasi tiap akhir siklus, sedangkan data aktivitas belajar siswa diperoleh melalui lembar observasi. Hasil penelitian siklus I meliputi rata-rata skor aktivitas belajar siswa pada pertemuan pertama dan kedua masing-masing 16,01 yang berkategori sangat aktif dan 12,67 yang berkategori aktif dan hasil evaluasi siswa dengan nilai rata-rata 69,15. Sedangkan Hasil penelitian siklus II meliputi rata-rata skor aktivitas belajar siswa pada pertemuan pertama dan kedua masing-masing 17,34 dan 17,67 yang keduanya berkategori sangat aktif dan hasil evaluasi siswa dengan nilai rata-rata 69,825. Berdasarkan hasil penelitian serta ketercapaian indikator kerja dapat disimpulkan bahwa penerapan model superitem dengan optimalisasi sesi latihan pada pembelajaran materi faktorisasi bentuk aljabar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII-I semester I SMPN 10 mataram tahun pelajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): model superitem dengan optimalisasi sesi latihan pada pembelajaran materi faktorisasi bentuk aljabar dapat meningkatkan prestasi belajar
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:30
Last Modified: 13 Jul 2018 01:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5487

Actions (login required)

View Item View Item