PENGEMBANGAN PERMAINAN TRADISIONAL EGRANG BATOK KELAPA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA AMPENAN TAHUN AJARAN 2017/2018

ERLINA WARDIANI, ERLINA WARDIANI (2018) PENGEMBANGAN PERMAINAN TRADISIONAL EGRANG BATOK KELAPA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA AMPENAN TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI.pdf

Download (584kB) | Preview

Abstract

Kemampuan motorik kasar anak masih rendah dan seringkali distimulasi dengan cara yang kurang terarah serta kurang menyenangkan bagi anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan permainan tradisional egrang batok kelapa, menghasilkan produknya, dan mengetahui efektifitasnya untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian pengembagan yang berdasarkan pendapat Borg & Gall. Menggunakan teknik uji beda. Subjek penelitiannya adalah anak usia 5-6 tahun di TKN Pembina Ampenan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Design penelitian adalah pratest-pascatest (one group pretest-postest design) dengan analisis data menghitung nilai uji “t” untuk pengujian efektifitas penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah alat permainan egrang batok kelapa dengan ukuran tempurung kelapa yang tinginya 6,3cm dan diameter 12,5cm, pada bagian cembung tempurung kelapa dilapisi dengan tempurung lain agar tidak mudah pecah dan tali tidak mudah lepas dengan diberikan karet sebagai pengganjal agar kaki anak tidak mudah terpeleset dan tidak sakit. Tali yang digunakan tali sumbu halus dengan panjang kurang lebih 2,5 meter. Langkah-langkah permainan yang disusun dengan sitematis mulai dari (1) Anak berdiri diatas egrang batok kelapa (2) Anak memegang tali yang terhubung dengan batok (3) Anak mulai mengangkat kaki yang disertai dengan mengangkat tali dengan aturan tangan dan kaki bersamaan misalkan kaki kanan dengan tangan kanan atau kaki kiri dengan tangan kiri (4) Anak berjalan menggunakan egrang batok kelapa. Tingkat efektivitas yang diukur menggunakan perhitungan uji t dengan hasil yang signifikan karena nilai thitung > ttabel (3,29>2,069) sehingga dapat dartikan bahwa permainan egrang batok kelapa yang peneliti kembangkan ini berpengaruh signifikan pada peningkatan kemampuan motorik kasar anak. Disarankan guru dapat menggunakan alat permainan egrang batok sebagai salah satu alternatif meningkatkan kemampuan motorik anak, dan dijadikan dasar peneliti lain untuk mengembangkan penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Motorik Kasar, Egrang Batok Kelapa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:30
Last Modified: 13 Jul 2018 01:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5497

Actions (login required)

View Item View Item