PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP TO GROUP EXCHANGE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN KELAS VIIIB SMP NEGERI 13 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2008/2009

Zulfadiyanti, Zulfadiyanti (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP TO GROUP EXCHANGE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN KELAS VIIIB SMP NEGERI 13 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2008/2009. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)

Abstract

Kegiatan pembelajaran yang selama ini berlangsung di kelas VIIIB SMP Negeri 13 Mataram lebih banyak didominasi oleh guru. Guru menyampaikan materi pembelajaran matematika khususnya lingkaran dengan metode ceramah, metode diskusi, metode tanya jawab serta metode penugasan, yang dalam pelaksanaannya cenderung mengarah pada metode ceramah. Dengan metode ini siswa cenderung menghafal contoh-contoh yang diberikan tanpa terjadi pembentukan konsep yang benar. Metode diskusi yang diterapkan oleh guru adalah siswa hanya diminta berdiskusi dengan kelompoknya tanpa membimbing dan memantau jalannya diskusi, serta hasil diskusi tidak dipresentasikan. Metode diskusi yang dilakukan guru seperti ini, tidak melatih keterampilan-keterampilan tertentu bagi siswa yaitu keterampilan mengajukan pertanyaan, menyatakan ide atau gagasan dan menanggapi pertanyaan/ pendapat orang lain. Hal ini menyebabkan prestasi belajar siswa rendah. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIIIB SMPN 13 Mataram tahun pelajaran 2008/ 2009 dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif group to group exchange pada pokok bahasan lingkaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB SMPN 13 Mataram yang berjumlah 39 orang. Data prestasi belajar siswa dikumpulkan melalui tes evaluasi yang diberikan tiap akhir siklus dan data aktivitas belajar siswa diperoleh melalui lembar observasi. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah prestasi belajar siswa dikatakan meningkat jika nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan pada tiap siklusnya dengan nilai rata-rata minimal 65. aktivitas belajar siswa dikatakan meningkat jika rata-rata skor aktivitas belajar siswa meningkat pada tiap siklus dengan minimal berkategori cukup aktif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata skor aktivitas belajar siswa siklus I, II, dan III masing-masing sebesar 10,47; 12,85; dan 14,75 dengan kategori masing-masing siklus adalah cukup aktif, aktif, dan aktif. Sedangkan nilai rata-rata prestasi belajar siswa siklus I, II, dan III masing-masing sebesar 57,42; 63,89; dan 71,43. Dengan memperhatikan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif group to group exchange dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIIIB SMPN 13 Mataram tahun pelajaran 2008/ 2009 pada pokok bahasan lingkaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): model pembelajaran kooperatif group to group exchange dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:29
Last Modified: 13 Jul 2018 01:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5508

Actions (login required)

View Item View Item