PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION POSING PADA MATERI SEGIEMPAT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII G SMPN 13 MATARAM TAHUN AJARAN 2012/2013

ARDIANTI, NI LUH PUTU JUNI (2010) PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION POSING PADA MATERI SEGIEMPAT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII G SMPN 13 MATARAM TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.doc
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Jurnal Ni Luh Putu Juni Ardianti (E1R009026).docx

Download (142kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas VII G SMPN 13 Mataram. Hal ini disebabkan karena guru kurang melibatkan siswa secara aktif dalam dalam proses pembelajaran. Pemahaman konsep siswa yang kurang mengakibatkan siswa kesulitan dalam memahami dan menyelesaikan masalah. Untuk mengatasi permasalahan di atas diterapkan pendekatan problem posing tipe post solution posing yang diterapkan bersama model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together). Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa di kelas VII G SMPN 13 Mataram tahun ajaran 2012/2013 pada materi segiempat dengan menerapkan pendekatan problem posing tipe post solution posing dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together).Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari 5 tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan,tahap observasi, tahap evaluasi, dan tahap refleksi. Adapun indikator kerja penelitian ini adalah kriteria aktivitas belajar siswa minimal berkategori aktif dan prestasi belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata ≥70, serta tercapai ketuntasan klasikal minimal 85%. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar dan prestasi belajar siswa tiap siklusnya. Hasil aktivitas belajar siswa siklus I,II dan III berturut-turut berkategori cukup aktif, aktif dan sangat aktif. Nilai rata-rata siswa untuk siklus I,II dan III berturut-turut 55,11; 71,67; 81,56.Sedangkan persentase ketuntasan klasikal siswa siklus I,II dan III berturut-turut 35,56%; 71,11%; dan 91,11%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan problem posing tipe post solution posing dengan pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) pada materi segiempat dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VII G SMPN 13 Mataram tahun ajaran 2012/2013

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pendekatan problem posing tipe post solution posing , NHT (Numbered Heads Together), aktivitas belajar, prestasi belajar.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:29
Last Modified: 13 Jul 2018 01:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5509

Actions (login required)

View Item View Item