PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUESTION STUDENTS HAVE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN GARIS SINGGUNG LINGKARAN PADA SISWA SMP NEGERI 2 PRINGGABAYA KELAS VIII-C TAHUN PELAJARAN 2012/2013

APRIADI, APRIADI (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUESTION STUDENTS HAVE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN GARIS SINGGUNG LINGKARAN PADA SISWA SMP NEGERI 2 PRINGGABAYA KELAS VIII-C TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)

Abstract

Hasil observasi yang telah dilakukan di kelas VIII-C SMP Negeri 2 Pringgabaya bahwa prestasi belajar matematika yang diperoleh siswa masih rendah. Disamping itu, metode pembelajaran yang diterapkan masih terpusat pada guru, siswa cenderung diam, dan siswa malu bertanya padahal dirinya tidak paham akan materi yang diajarkan sehingga aktivitas belajar siswa menjadi kurang aktif. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII-C SMP Negeri 2 Pringgabaya pada pokok bahasan garis singgung lingkaran tahun ajaran 2012/2013 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe question students have. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam tiga siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Adapun indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa dikatakan telah meningkat apabila aktivitas belajar siswa minimal berkategori aktif dan prestasi belajar siswa dikatakan telah meningkat apabila skor rata-rata yang diperoleh siswa minimal 65. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I berkategori aktif, pada siklus II berkategori aktif, dan pada siklus III berkategori sangat aktif. Sedangkan, prestasi belajar siswa diperoleh skor rata-rata siswa pada siklus I 65, pada siklus II 85,74. dan pada siklus III 69,52. Berdasarkan pencapaian yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Question Students Have dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII-C SMP Negeri 2 Pringgabaya pokok bahasan garis singgung lingkaran tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran, aktivitas, prestasi belajar, model pembelajaran kooperatif Tipe Question Students Have.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:29
Last Modified: 13 Jul 2018 01:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5513

Actions (login required)

View Item View Item