PENERAPAN PEMBELAJARAN HEURISTIK DENGAN METODE PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII-B SMP NEGERI 1 KEDIRI PADA MATERI SEGIEMPAT TAHUN PELAJARAN 2012/2013

PURNAMA, AYU (2010) PENERAPAN PEMBELAJARAN HEURISTIK DENGAN METODE PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII-B SMP NEGERI 1 KEDIRI PADA MATERI SEGIEMPAT TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.doc
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)

Abstract

Fakta di lapangan menunjukkan bahwa siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kediri masih mengalami kesulitan dalam belajar matematika khususnya kelas VIIB yang tercermin dalam hasil belajar siswa berupa rata-rata hasil belajar siswa sebesar 45 dengan ketuntasan klasikal 6,7%. Salah satu faktor penyebab antara lain aktivitas belajar siswa yang masih rendah dan metode yang digunkana guru masih kurang menarik sehingga siswa cenderung mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah yang membutuhkan analisis. Rumusan masalah dan tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pembelajaran heuristik dengan metode pemecahan masalah dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII-B semester genap SMP Negeri 1 Kediri tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus dimana setiap siklus terdiri atas dua pertemuan dan satu kali evaluasi dengan prosedur penelitian dimulai dari tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi; dan pada masing-masing siklus di peroleh data berupa hasil observasi mengenai kegiatan siswa dan guru melalui lembar observasi, serta data-data evaluasi hasil belajar melalui tes evaluasi. Data hasil penelitian pada siklus pertama diperoleh rata-rata hasil evaluasi siswa 57,5 dengan ketuntasan klasikal 37%, dan skor aktivitas siswa berkategori aktif. Pada siklus kedua terjadi peningkatan dimana diperoleh rata-rata hasil evaluasi siswa 80,57 dengan ketuntasan klasikal 76,7% dan skor aktivitas siswa berkategori sangat aktif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran heuristik dengan metode pemecahan masalah dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIIB semester genap SMP Negeri 1 Kediri tahun pelajaran 2012/2012 pada materi segiempat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran Heuristik, Metode Pemecahan Masalah, Segiempat, Aktivitas belajar, Hasil belajar
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:29
Last Modified: 13 Jul 2018 01:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5514

Actions (login required)

View Item View Item