PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE DUA TINGGAL DUA TAMU PADA PEMBELAJARAN MATERI POKOK FAKTORISASI BENTUK ALJABAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTS. MARAQITTA’LIMAT WANASABA TAHUN AJARAN 2012/2013

ARVY, BAIQ ROFINA (2013) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE DUA TINGGAL DUA TAMU PADA PEMBELAJARAN MATERI POKOK FAKTORISASI BENTUK ALJABAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTS. MARAQITTA’LIMAT WANASABA TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ISI SKRIPSI. BAB I-V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs. Maraqitta’limat Wanasaba. Hal ini disebabkan karena rendahnya aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran. Rendahnya aktivitas belajar siswa disebabkan karena pola pembelajaran teacher centered yang selama ini digunakan tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran. Oleh karena itu, guru hendaknya dapat menciptakan pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif. Salah satunya adalah dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Dua Tinggal Dua Tamu. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII MTs. Maraqitta’limat Wanasaba melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe dua tinggal dua tamu pada materi pokok faktorisasi bentuk aljabar. Penelitian ini berlangsung dua siklus dengan indikator keberhasilan adalah aktivitas belajar minimal berkategori tinggi, hasil belajar siswa memiliki nilai rata-rata minimal 60, ≥85% siswa mencapai skor ≥60, dan terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar dari siklus ke siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor aktivitas siswa siklus I dan siklus II masing-masing adalah 13,67 dengan kategori tinggi dan 19,5 dengan kategori sangat tinggi, sedangkan nilai rata-rata untuk siklus I dan siklus II berturut-turut yaitu 61,92 dengan persentase ketuntasan 61,54% dan 65 dengan persentase ketuntasan 88,46%. Dengan memperhatikan indikator kerja yang telah tercapai, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe dua tinggal dua tamu dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII MTs. Maraqitta’limat Wanasaba pada materi pokok faktorisasi bentuk aljabar tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Dua Tinggal Dua Tamu, Faktorisasi Bentuk Aljabar.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:28
Last Modified: 13 Jul 2018 01:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5517

Actions (login required)

View Item View Item