PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SEGI EMPAT KELAS VII H SMP NEGERI 10 MATARAM TAHUN AJARAN 2012/2013 JURNAL SKRIPSI Diajukan untuk Memenuhi Persyaratan dalam Menyelesaikan Program Sarjana (S1) Pendidikan Matematika Oleh : IIS SAFRIANI NIM. E1R 009 036 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA JURUSAN PENDIDIKAN MIPA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MATARAM 2013

SAFRIANI, IIS (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SEGI EMPAT KELAS VII H SMP NEGERI 10 MATARAM TAHUN AJARAN 2012/2013 JURNAL SKRIPSI Diajukan untuk Memenuhi Persyaratan dalam Menyelesaikan Program Sarjana (S1) Pendidikan Matematika Oleh : IIS SAFRIANI NIM. E1R 009 036 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA JURUSAN PENDIDIKAN MIPA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MATARAM 2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
jurnal skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VII H SMP Negeri 10 Mataram. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar ini, karena guru kurang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Pemahaman konsep yang kurang juga siswa mengakibatkan siswa kesulitan dalam memahami dan menyelesaikn masalah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII H SMP Negeri 10 Mataram melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada materi segi empat tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 5 tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, tahap evaluasi dan terakhir tahap refleksi. Adapun indikator kerja penelitian ini adalah aktivitas belajar mateatika siswa berkategori aktif dan hasil belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata minimal 71 dari nilai maksimum 100, serta tercapai ketuntasan klasikal minimal 85%. Hasil penelitian menunjukan aktivitas siswa berkategori aktif dan hasil belajar siswa meningkat pada setiap siklusnya. Hasil aktivitas belajar siswa siklus I dan II yaitu aktif. Nilai rata-rata siswa untuk siklus I dan II berturut-turut 73,95 dan 90,89. Sedangkan persentase ketuntasan klasikal siswa siklus I dan II berturut-turut 72,97% dan 91,89%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada materi segi empat dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII H SMP Negeri 10 Mataram tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): TAI (Team Assisted Individualization), hasil belajar
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:28
Last Modified: 13 Jul 2018 01:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5518

Actions (login required)

View Item View Item