ANALISIS PSIKOLOGI HUMANISTIK ABRAHAM MASLOW TOKOH ZAINUDDIN, NOVEL TENGGELAMNYA KAPAL VAN DER WIJK (TKV) KARYA BUYA HAMKA DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

RIZKI, IRMA SUYATNA (2016) ANALISIS PSIKOLOGI HUMANISTIK ABRAHAM MASLOW TOKOH ZAINUDDIN, NOVEL TENGGELAMNYA KAPAL VAN DER WIJK (TKV) KARYA BUYA HAMKA DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text (Bahasa Indonesia)
IRMA SUYATNA RIZKI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul ‘’Analisis Psikologi Humanistik Abraham Maslow Tokoh Zainuddin, Novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk (Tkv) Karya Buya Hamka dan Kaitannya dengan Pembelajaran Sastra Di SMA. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah pemenuhan hierarki kebutuhan tokoh Zainuddin dalam novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk dan Kaitannya dengan Pembelajaran Sastra di SMA. Penelitian ini dikaji dengan menggunakan teori Humanistik Abraham Maslow. Jenis penelitian ini bersifat kualitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode kepustakaan dan teknik catat, sedangkan metode yang digunakan dalam menganalisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis. Dari hasil analisis data dalam penelitian ini dapat diketahui tokoh Zainuddin telah memenuhi kelima hierarki kebutuhanya. Tokoh Zainuddin telah memenuhi kebutuhan fisiologis dengan makan dan minum, bernafas dan istirahat. Kemudian memenuhi kebutuhan keamanannya dengan menceritakan segala keresahan hatinya melalui surat kepada Hayati, selanjutnya memenuhi kebutuhan dimiliki dan memiliki dengan menjalani hubungan dengan Mak Base (Ibu Angkatnya), Hayati (Gadis yang dicintai), dan bang Muluk (Sahabatnya). Selanjutnya Zainuddin memenuhi kebutuhan harga dirinya yang terbagi menjadi dua, yaitu penghargaan dari diri sendiri dengan membuat keputusan yang tetap untuk pindah dari Padang ke Tanah Jawa berusaha mencapai kompetensinya menjadi pengarang, memutuskan untuk membuka perusahaan sendiri daripada harus bekerja di bawah tangan orang lain dan penghargaan dari orang lain dengan banyak mendapat pujian atas segala tulisan- tulisannya. Hingga mencapai kebutuhan aktualisasi diri dengan menjadi seorang pengarang yang terkenal. Hasil Analisis kebutuhan tokoh Zainuddin dalam novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk karya Buya Hamka dapat dijadikan sebagai bahan ajar di SMA kelas XI Semester 1.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pemenuhan hierarki kebutuhan tokoh Zainuddin, Psikologi Humanistik Abraham Maslow, Pembelajaran Sastra di SMA.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ahmadi S.Si
Date Deposited: 30 Aug 2017 01:00
Last Modified: 30 Aug 2017 01:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/552

Actions (login required)

View Item View Item