PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII-F SMP NEGERI 9 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2012/2013

ISUARMEI, IDA AYU NYOMAN ALIT SUARME (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII-F SMP NEGERI 9 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
bab 1-3.docx
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VII-F SMP Negeri 9 Mataram. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Akibatnya, hasil Ulangan Umum Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013 Siswa Kelas VII-F masih rendah dibandingkan rata-rata hasil Ulangan Umum Semester Ganjil kelas yang lain. Untuk mengatasi hal ini, perlu diterapkan suatu strategi pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktif yaitu, strategi pembelajaran Creative Problem Solving. Dampak dari penerapan strategi ini dapat dilihat dalam penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi serta refleksi. Strategi pembelajaran Creative Problem Solving yang diterapkan meliputi lima tahap kegiatan yaitu tahap penemuan fakta, tahap penemuan masalah, tahap penemuan ide atau gagasan, tahap penemuan solusi dan tahap penentuan pemecahan masalah. Hasil penelitian siklus I, II, dan III memperlihatkan bahwa rata–rata skor aktivitas siswa berturut–turut adalah 14,5; 19,675; dan 21 dengan kategori cukup aktif, sangat aktif, dan sangat aktif. Rata–rata prestasi siswa pada siklus I adalah 63,46 dengan ketuntasan klasikal sebesar 60%, siklus II sebesar 81,97 dengan ketuntasan klasikal sebesar 80% dan siklus III sebesar 86,56 dengan ketuntasan klasikal sebesar 88%. Berdasarkan hasil penelitian serta ketercapaian indikator kerja dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Creative Problem Solving dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas VII-F SMP Negeri 9 Mataram tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran, aktivitas, prestasi, dan Creative Problem Solving
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:28
Last Modified: 13 Jul 2018 01:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5522

Actions (login required)

View Item View Item