PENERAPAN METODE KUMON DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA PEMBELAJARAN MATERI POKOK OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII-E MTs NEGERI 2 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2012/2013

MUSTAFIDAH, HIDAYATUL (2013) PENERAPAN METODE KUMON DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA PEMBELAJARAN MATERI POKOK OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII-E MTs NEGERI 2 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
2- BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Siswa terbiasa menghafal materi yang diajarkan oleh guru sehingga menyebabkan kurangnya penguasaan siswa terhadap konsep matematika. Akibatnya, hasil belajar siswa menjadi rendah. Selain itu, interaksi selama kegiatan belajar yang bersifat satu arah dan didominasi oleh guru menyebabkan aktivitas belajar siswa menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII-E MTs Negeri 2 Mataram tahun pelajaran 2012/2013 pada pembelajaran materi pokok Operasi Hitung Bentuk Aljabar melalui penerapan metode Kumon dalam model pembelajaran kooperatif yang keterlaksanaannya optimal. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan indikator keberhasilan yaitu aktivitas belajar siswa dikatakan meningkat apabila setiap siklus minimal berkategori tinggi dan ada peningkatan dari siklus ke siklus; hasil belajar siswa dikatakan meningkat apabila pada setiap siklus diperoleh skor ratarata ≥65 dengan persentase ketuntasan klasikal ≥85% dan ada peningkatan skor rata-rata siswa dari siklus ke siklus. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kategori aktivitas belajar siswa pada siklus I yaitu cukup dan tinggi; pada siklus II yaitu keduanya sangat tinggi; sedangkan skor rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I dan II masing-masing sebesar 65,77 dan 79,86 dengan ketuntasan klasikal masing-masing sebesar 62,86% dan 88,57%. Karena indikator keberhasilan penelitian ini tercapai, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Kumon dalam model pembelajaran kooperatif pada pembelajaran materi pokok Operasi Hitung Bentuk Aljabar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII-E MTs Negeri 2 Mataram tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Kumon, Model Pembelajaran Kooperatif, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Operasi Hitung Bentuk Aljabar.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:28
Last Modified: 13 Jul 2018 01:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5523

Actions (login required)

View Item View Item