PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN KINERJA ILMIAH DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 1 GERUNG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Mukti, Dwi Cipta Hayuning (2014) PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN KINERJA ILMIAH DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 1 GERUNG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja ilmiah dan hasil belajar fisika siswa kelas VII B SMPN 1 Gerung tahun pelajaran 2013/2014 dengan menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses. Penelitian tindakan kelas terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi atau evaluasi, dan refleksi. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan secara bersiklus, dengan target nilai kinerja ilmiah 75% dari lembar kerja yang diberikan dan nilai hasil belajar masing-masing individu minimal 75 sedangkan ketuntasan klasikal ≥85%. Jika dalam siklus I target belum tercapai, maka dilanjutkan ke siklus II. Jika pada siklus II target belum juga tercapai, maka penelitian dilanjutkan ke siklus selanjutnya sampai target tercapai. Data kinerja ilmiah siswa diperoleh dengan pemberian LKS pada setiap pembelajaran dan hasil belajar siswa diperoleh dengan pemberian tes pada akhir tiap siklus. Pada siklus I untuk kinerja ilmiah sebesar 67,917% dan nilai rata-rata hasil belajar sebesar 73,02 dengan ketuntasan klasikal 57,143%, sedangkan pada siklus II untuk kinerja ilmiah sebesar 97,547% dan nilai rata-rata hasil belajar meningkat yaitu 87,806 dengan ketuntasan klasikal 91,43%. Dapat disimpulkan bahwa Pendekatan Keterampilan Proses dapat meningkatkan kinerja ilmiah dan hasil belajar siswa kelas VII B SMPN 1 Gerung tahun pelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pendekatan Keterampilan Proses, Kinerja Ilmiah, Hasil Belajar.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:28
Last Modified: 13 Jul 2018 01:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5525

Actions (login required)

View Item View Item