PENERAPAN MODEL PENYELESAIAN MASALAH SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE (SSCS) PADA MATERI POKOK DIMENSI TIGA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI TKBB SMK NEGERI 3 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2013/2014

SHANTIKA, EVANA GINA (2014) PENERAPAN MODEL PENYELESAIAN MASALAH SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE (SSCS) PADA MATERI POKOK DIMENSI TIGA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI TKBB SMK NEGERI 3 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2013/2014. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI TKBB SMK Negeri 3 Mataram pada materi pokok dimensi tiga tahun pelajaran 2013/2014 melalui penerapan model penyelesaian masalah Search, Solve, Create and Share (SSCS). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam tiga siklus. Adapun indikator keberhasilan penelitian ini adalah kriteria aktivitas belajar siswa meningkat jika minimal berkategori aktif dan mengalami peningkatan rata-rata skor aktivitas dari sebelum dan setelah menerapkan model penyelesaian maslah SSCS serta hasil belajar siswa meningkat jika terjadi peningkatan nilai rata-rata siswa dari sebelum dan setelah menerapkan model penyelesaian masalah SSCS atau tercapai ketuntasan belajar secara klasikal ≥85%. Aktivitas belajar siswa pada siklus I masuk pada kategori cukup aktif, siklus II berkategori aktif dan siklus III juga berkategori aktif dengan skor rata-rata aktivitas siswa meningkat tiap siklusnya. Skor rata-rata hasil evaluasi belajar siswa mengalami peningkatan pada tiap siklus yaitu pada siklus I rata-rata skor hasil evaluasi belajar 74,28 dengan ketuntasan klasikal 68,75 %, pada siklus II skor rata-rata hasil evaluasi belajar 77,05 dengan ketuntasan klasikal 76,47% dan pada siklus III skor rata-rata hasil evaluasi belajar 82,55 dengan ketuntasan klasikal 84,84%. Berdasarkan pencapaian yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa model penyelesaian masalah Search, Solve, Create and Share (SSCS) secara optimal dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas XI TKBB SMK Negeri 3 Mataram pada materi pokok dimensi tiga tahun pelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Aktivitas belajar, hasil belajar dan model penyelesaian masalah Search, Solve, Create and Share (SSCS)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:28
Last Modified: 13 Jul 2018 01:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5526

Actions (login required)

View Item View Item