PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS-GAMES-TOURNAMENTS (TGT) BERMEDIA CD INTERAKTIFUNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII-E SMP NEGERI 12 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2012/2013

WIDYACANTIARI, NM. ASRI (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS-GAMES-TOURNAMENTS (TGT) BERMEDIA CD INTERAKTIFUNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII-E SMP NEGERI 12 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
jurnal santy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal aktivitas belajar kelas VIII SMP Negeri 12 Mataram tahun pelajaran 2012/2013 siswa masih rendah. Hal ini disebabkan model pembelajaran yang diterapkan masih terpusat pada guru dan lemahnya interaksi yang berlangsung di kelas sehingga siswa menjadi kurang aktif dan prestasi belajar rendah. Oleh karena itu, solusi berupa penerapan model dan media pembelajaran yang mampu mengatasi masalah dengan menggunakan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT bermedia CD interaktif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams-Games-Tournaments (TGT) dapat Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 12 Mataram Tahun Pelajaran 2012/2013?”. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas belajar dan prestasi belajar matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT bermedia CD interaktif pada siswa kelas VIII-E SMP Negeri 12 Mataram tahun pelajaran 2012/2013. Sedangkan, materi yang diteliti adalah kubus dan balok di kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan indikator keberhasilan adalah kriteria aktivitas belajar minimal berkategori aktif dan prestasi belajar matematika siswa meningkat setiap siklusnya, serta mencapai ketuntasan maksimal 85%. Terjadi peningkatan skor aktivitas belajar siswa dari siklus I dengan kategori cukup aktif ke siklus II dengan kategori sangat aktif. Sedangkan prestasi belajar matematika siswa mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I rata-rata nilai62,72 dengan ketuntasan 55,17 % dan pada siklus II rata-rata nilai 93,55 dengan ketuntasan 96,77 %. Kegiatan pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran kooperatif tipe TGT bermedia CD interaktif keterlaksanaan yang optimal. Berdasarkan dari pencapaian indikator keberhasilan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Model pembelajaran kooperatif tipe TGT bermedia CD interaktif dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII-E SMP Negeri 12 Mataram tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar, model pembelajaran kooperatif tipe TGT, CD Interaktif
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:28
Last Modified: 13 Jul 2018 01:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5529

Actions (login required)

View Item View Item