PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATERI GARIS DAN SUDUT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII-D SMP NEGERI 3 LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016.

JUNIARDI, JUNIARDI (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATERI GARIS DAN SUDUT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII-D SMP NEGERI 3 LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
1. PENERAPAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VII-D SMP Negeri 3 Lingsar Tahun Pelajaran 2015 / 2016 pada materi garis dan sudut dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Pelaksanaan masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari tiap siklus dengan skor aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 adalah 7,66 dengan kategori cukup aktif dan pertemuan 2 adalah 7,67 dengan kategori cukup aktif. Kemudian skor aktivitas siswa pada siklus II pertemuan 1 adalah 10,99 dan pertemuan 2 adalah 13,00 dengan kategori aktif. Sedangkan prestasi belajar siswa tiap siklus masing-masing 64,06 dan 77,35 dengan persentase ketuntasan klasikal masing-masing 41,17% dan 85,29%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VII-D SMP Negeri 3 Lingsar Tahun Pelajaran 2015 / 2016 pada materi garis dan sudut.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT), aktivitas belajar siswa, prestasi belajar siswa.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:27
Last Modified: 13 Jul 2018 01:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5534

Actions (login required)

View Item View Item