JUNIARDI, JUNIARDI (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATERI GARIS DAN SUDUT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII-D SMP NEGERI 3 LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
1. PENERAPAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VII-D SMP Negeri 3 Lingsar Tahun Pelajaran 2015 / 2016 pada materi garis dan sudut dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Pelaksanaan masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari tiap siklus dengan skor aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 adalah 7,66 dengan kategori cukup aktif dan pertemuan 2 adalah 7,67 dengan kategori cukup aktif. Kemudian skor aktivitas siswa pada siklus II pertemuan 1 adalah 10,99 dan pertemuan 2 adalah 13,00 dengan kategori aktif. Sedangkan prestasi belajar siswa tiap siklus masing-masing 64,06 dan 77,35 dengan persentase ketuntasan klasikal masing-masing 41,17% dan 85,29%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VII-D SMP Negeri 3 Lingsar Tahun Pelajaran 2015 / 2016 pada materi garis dan sudut.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT), aktivitas belajar siswa, prestasi belajar siswa. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 13 Jul 2018 01:27 |
Last Modified: | 13 Jul 2018 01:27 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5534 |
Actions (login required)
View Item |