PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA PEMBELAJARAN FAKTORISASI SUKU ALJABAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII.2 SMP NEGERI 1 NARMADA TAHUN AJARAN 2016/2017

KHAERIAH, KHAERIAH (2016) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA PEMBELAJARAN FAKTORISASI SUKU ALJABAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII.2 SMP NEGERI 1 NARMADA TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
1,2,3,4,5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya aktivias dan prestasi belajar siswa yang disebabkan karena interaksi selama proses pembelajaran cenderung satu arah yakni hanya melibatkan interaksi antar siswa dengan siswa. Selain itu, penerapan model pembelajaran yang kurang efektif dan kurang menarik menyebabkan siswa cenderung untuk kurang memperhatikan penjelasan yang disampaikan oleh guru dan membicarakan topik diluar materi yang sedang dipelajari. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa adalah model kooperatif tipe Think Pair Share. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran faktorisasi suku aljabar kelas VIII.2 SMP Negeri 1 Narmada tahun ajaran 2016/2017 dengan menerapkan model kooperatif tipe Think Pair Share. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dimana tiap-tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata skor aktivitas belajar siswa pada siklus I dan II secara berurut yaitu 9,65 dengan kategori cukup aktif dan 13,55 dengan kategori aktif. Sedangkan untuk nilai rata-rata prestasi belajar siswa pada siklus I dan II secara berturut-turut yaitu 69,85 dengan ketuntasan klasikal 69,4% dan 75,4 dengan ketuntasan klasikal 86,1%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada pembelajaran faktorisasi suku aljabar dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII.2 SMP Negeri 1 Narmada tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model kooperatif tipe Think Pair Share, aktivitas, prestasi belajar
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:27
Last Modified: 13 Jul 2018 01:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5536

Actions (login required)

View Item View Item