KONFLIK PSIKIS DAN NILAI PENDIDIKAN AGAMA TOKOH UTAMA NOVEL CINTA SUCI ZAHRANA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY

Rini, Laili Puspita (2016) KONFLIK PSIKIS DAN NILAI PENDIDIKAN AGAMA TOKOH UTAMA NOVEL CINTA SUCI ZAHRANA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text (Bahasa Indonesia)
LAILI PUSPITA RINI (E1C 111 052).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah bentuk konflik psikis tokoh utama novel Cinta Suci Zahrana Karya Habiburrahman El Shirazy, (2) bagaimanakah bentuk mekanisme pertahanan konflik tokoh utama novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy, dan (3) bagaimanakah bentuk nilai pendidikan tokoh utama novel Cinta Suci Zahrana Karya Habiburrahman El Shirazy. Berdasarkan permasalah tersebut, tujuan penelitian ini adalah (1) mendeksripsikan bentuk konflik psikis tokoh utama novel Cinta Suci Zahrana Karya Habiburrahman El Shirazy, (2) mendeskripsikan bentuk mekanisme pertahanan konflik tokoh utama Novel Cinta Suci Zahrana Karya Habiburrahman El Shirazy, dan (3) mendeksripsikan bentuk nilai pendidikan agama tokoh utama novel Cinta Suci Zahrana Karya Habiburrahman El Shirazy. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kualitatif yakni proses mencari dan menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil studi pustaka, observasi, dan baca catat. Teknik analisis ini selanjutnya mengacu kepada pendekatan psikologi yaitu teori kepribadian Sigmund freud. Berdasarkan analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa Bentuk konflik psikis yang ditemukan dalam novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy meliputi konflik mendekat-mendekat, konflik mendekat-menjauh dan konflik menjauh-menjauh. Bentuk pertahanan konflik yang ditemukan dalam novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy, terdiri atas sembilan bentuk pertahanan konflik yakni: represi, sublimasi, proyeksi, displacement, rasionalisasi, reaksi formasi, regresi, agresi dan apatis serta fantasi dan stereotype. Sementara itu bentuk nilai pendidikan agama yang ditemukan dalam novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy yang pertama akidah (Iman kepada Allah, Iman kepada kitab-kitab dan Iman terhadap takdir). Kedua syari’ah (Ibadah), ketiga akhlak (akhlak kepada Allah, akhlak terhadap sesama, akhlak kepada kedua orang tua, akhlak kepada diri sendiri dan akhlak kepada alam).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Konflik psikis, mekanisme pertahanan, dan nilai pendidikan agama.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ahmadi S.Si
Date Deposited: 30 Aug 2017 00:53
Last Modified: 30 Aug 2017 00:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/556

Actions (login required)

View Item View Item