PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) BERMEDIA KARTU BERWARNA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SDN 1 GONTORAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Windari, Putu Ade Irma (2016) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) BERMEDIA KARTU BERWARNA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SDN 1 GONTORAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL PUTU ADE IRMA WINDARI NIM E1E012067.pdf

Download (429kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SDN 1 Gontoran. Hal ini disebabkan karena kurangnya penerapan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran serta penggunaan media yang dapat membantu siswa untuk lebih memahami materi yang bersifat abstrak menjadi lebih konkrit. Tujuan dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 1 Gontoran tahun pelajaran 2015/2016 dengan penerapan pembelajaran kooperatif learning tipe TAI bermedia kartu berwarna.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi dan refleksi. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes, observasi dan dokumentasi.Pada siklus I diperoleh rata-rata kegiatan guru sebesar 132,5 dengan katagori baik serta rata-rata aktivitas siswa sebesar 71,5 dengan katagori cukup aktif. Dalam siklus I diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 68,75 dengan ketuntasan klasikal yang diperoleh sebesar 66,67 %. Pada siklus II terjadi peningkatan yaitu diperoleh rata-rata nilai kegiatan guru adalah 158 dengan katagori sangat baik dan rata-rata aktivitas siswa sebesar 88 dengan katagori sangat baik. Nilai rata-rata hasil belajar siswa dalam siklus II adalah 80,41 dengan ketuntasan klasikal yang diperoleh adalah 87,5%. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif learning tipe Team Accelerated Instruction (TAI) bermedia kartu berwarna dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi bilangan bulat siswa kelas IV SDN 1 Gontoran tahun pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil Belajar Matematika ; Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Team Accelerated Instruction (TAI) ; Media Kartu Berwarna
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:25
Last Modified: 13 Jul 2018 01:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5565

Actions (login required)

View Item View Item