PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS INKUIRI PADA PEMBELAJARAN KUBUS DAN BALOK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 4 LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016

AINI, ZAHRATUL (2016) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS INKUIRI PADA PEMBELAJARAN KUBUS DAN BALOK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 4 LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (201kB) | Preview

Abstract

Hasil observasi dan wawancara saat PPL dengan guru matematika kelas VIII C SMP Negeri 4 Lingsar menerangkan bahwa aktivitas dan prestasi belajar siswa rendah. Aktivitas belajar siswa rendah dilihat dari skor aktivitas belajar siswa mencapai 9,00 (kurang aktif) dan prestasi belajar siswa dilihat dari nilai rata-rata ulangan harian I tahun pelajaran 2015/2016 adalah 43,33. Rendahnya aktivitas belajar siswa disebabkan oleh penerapan pendekatan pembelajaran yang digunakan guru kurang melibatkan siswa secara aktif, sehingga berdampak terhadap prestasi belajar siswa yang rendah.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII C SMP Negeri 4 Lingsar melalui penerapan pendekatan kontekstual berbasis inkuiri pada pembelajaran kubus dan balok tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Data aktivitas siswa diambil dengan menggunakan lembar observasi, sedangkan data prestasi belajar siswa diperoleh melalui tes yang diberikan pada akhir setiap siklus. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah aktivitas siswa minimal berkategori aktif dan nilai rata-rata hasil evaluasi belajar siswa ≥75 dengan ketuntasan klasikal minimal 85%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa untuk siklus I mengalami peningkatan dari pertemuan 1 ke pertemuan 2 yaitu 10,33 (kurang aktif) menjadi 12,68 (aktif). Sedangkan pada siklus II juga mengalami peningkatan dari pertemuan 1 ke pertemuan 2 yaitu 13,34 (aktif) menjadi 15,34 (sangat aktif). Selain itu, rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari evaluasi siklus I ke siklus II yaitu 66,04 menjadi 81,48 dan persentase ketuntasan belajarnya adalah 66,67% menjadi 86,96%. Demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual berbasis inkuiri pada pembelajaran kubus dan balok dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII C SMP Negeri 4 Lingsar tahun pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Aktivitas siswa, inkuiri, pendekatan kontekstual, prestasi belajar.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:25
Last Modified: 13 Jul 2018 01:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5566

Actions (login required)

View Item View Item