PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENERAPKAN METODE MODELLING THE WAY PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 37 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2015/2016

ASTUTI, I GUSTI AYU MADE (2016) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENERAPKAN METODE MODELLING THE WAY PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 37 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL I GUSTI AYU MADE ASTUTI.pdf

Download (384kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) siswa kelas IV SD Negeri 37 Mataram, hal ini dikarenakan guru dalam proses belajar mengajar hanya menggunakan metode ceramah sehingga pembelajaran masih didominasi oleh guru dan hanya berpusat kepada guru sebagai pemberi informasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA dengan penerapan metode Modelling The Way pada siswa kelas IV SD Negeri 37 Mataram tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar siswa. Keseluruhan data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 37 Mataram berjumlah 33 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor aktivitas guru mengalami peningkatan yaitu dari siklus I memperoleh skor 15 berkategori sangat baik, pada siklus II memperoleh skor 16 berkategori sangat baik. Sedangkan aktivitas belajar siswa terjadi peningkatan dari siklus I yaitu memperoleh skor 39 dengan kategori kurang aktif, pada siklus II menjadi 57 dengan kategori aktif. Demikian pula dengan ketuntasan klasikal siklus I yaitu 55% mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 82%. Dari hasil yang diperoleh dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Modelling The Way dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 37 Mataram tahun pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Modelling The Way, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar IPA.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:25
Last Modified: 13 Jul 2018 01:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5567

Actions (login required)

View Item View Item