PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X-7 SMA NEGERI 1 GUNUNGSARI PADA MATERI DIMENSI TIGA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

HUSNIATI, ROHIL (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X-7 SMA NEGERI 1 GUNUNGSARI PADA MATERI DIMENSI TIGA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ROHIL BARU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas X-7 SMAN 1 Gunungsari tahun pelajaran 2015/2016 pada pembelajaran materi dimensi tiga melalui penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing dengan pendekatan kontekstual. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus dan tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Data aktivitas belajar siswa diperoleh melalui observasi dan data prestasi belajar siswa diperoleh melalui tes evaluasi pada akhir tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor aktivitas belajar siswa pada pertemuan pertama dan kedua siklus I adalah berturut-turut 12,6 dan 12,3 dengan kategori aktif. Pada pertemuan pertama dan kedua siklus II, skor aktivitas siswa adalah 13,8 dan 13,1 dengan kategori sangat aktif dan aktif. Skor Aktivitas belajar siswa pada pertemuan pertama dan kedua siklus III adalah 15,1 dan 15,4 dengan kategori sangat aktif. Dengan demikian, terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa. Dari analisis hasil evaluasi belajar siswa, rata-rata hasil evaluasi pada siklus I, siklus II dan siklus III berturut-turut adalah 76,73, 67,74 dan 75,43 dengan ketuntasan klasikal masing-masing siklus 72,73% , 52,94 % dan 85,71%. Dengan melihat hasil belajar dari siklus I ke siklus III, terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing dengan pendekatan kontekstual pada materi dimensi tiga dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas X-7 SMA Negeri 1 Gunungsari tahun pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model pembelajaran penemuan terbimbing, pendekatan kontekstual, aktivitas dan prestasi belajar.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:25
Last Modified: 13 Jul 2018 01:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5574

Actions (login required)

View Item View Item