PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING DENGAN MODEL POLYA PADA PEMBELAJARAN ARITMETIKA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII B MTs NEGERI 3 MATARAM SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2015/2016

HIDAYAT, AGUSSANTA (2016) PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING DENGAN MODEL POLYA PADA PEMBELAJARAN ARITMETIKA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII B MTs NEGERI 3 MATARAM SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
AGUSSANTA HIDAYAT E1R112002.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas siswa pada saat kegiatan belajar dan rendahnya kemampuan siswa dalam memecahkan soal terutama pada soal cerita. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VII-B MTs Negeri 3 Mataram pada materi pokok aritmetika sosial tahun pelajaran 2015/2016 melalui penerapan pendekatan problem solving dengan model Polya. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah terjadinya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas belajar siswa dikatakan meningkat jika minimal berkategori aktif serta prestasi belajar siswa dikatakan meningkat jika terjadi peningkatan nilai rata-rata siswa pada setiap siklus hingga mencapai minimal rata-rata nilai lebih dari atau sama dengan 70. Aktivitas belajar siswa pada siklus I pertemuan I masuk pada kategori cukup aktif dan pertemuan II masuk pada kategori aktif, serta siklus II pertemuan I dan pertemuan II berkategori sangat aktif. Skor rata-rata hasil evaluasi belajar siswa mengalami peningkatan pada setiap siklus, yaitu pada siklus I rata-rata skor hasil evaluasi belajar 65,5 dengan persentase ketuntasan 53,84 % dan pada siklus II skor rata-rata hasil evaluasi belajar 74,6 dengan persentase ketuntasan 86,84 %. Berdasarkan pencapaian yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan problem solving dengan model Polya secara optimal dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VII-B MTs Negeri 3 Mataram pada materi pokok aritmetika sosial tahun pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Aktivitas belajar, prestasi belajar, dan pendekatan problem solving dengan model Polya.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:25
Last Modified: 13 Jul 2018 01:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5577

Actions (login required)

View Item View Item